Waspadai Hujan Badai dan Peningkatan Potensi Bencana di Berbagai Wilayah Indonesia

Waspadai Hujan Badai dan Peningkatan Potensi Bencana di Berbagai Wilayah Indonesia

BMKG deteksi potensi cuaca buruk di beberapa wilayah Indonesia -Poto: Hendri/HOS-

HARIANOKUS.COM - BMKG telah mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan hari ini di beberapa wilayah Indonesia.

Peringatan dini terkait potensi hujan badai, angin kencang, gelombang tinggi serta banjir dan longsor yang mungkin terjadi di beberapa wilayah Indonesia. 

Potensi hujan badai ini dipicu oleh, fenomena Monsun Asia Musim Dingin, dan rencananya akan berlangsung hingga sekitar 10 Januari.

Wilayah Indonesia yang menerima peringatan dini dari BMKG meliputi Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur. 

BACA JUGA:Tumpukan Limbah Sampah Memenuhi Siring Taman Kota dan Berserakan di Trotoar Jalan

Selain itu, masyarakat juga diminta waspada terhadap potensi hujan badai di sejumlah wilayah seperti Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Peningkatan aktivitas hujan badai di sejumlah wilayah ini disebabkan oleh, adanya fenomena Monsun Asia Musim Dingin yang terjadi di sekitar wilayah Indonesia. 

Monsun Asia Musim Dingin adalah, kondisi di mana angin yang bertiup dari Asia membawa massa udara ke wilayah Indonesia, di mana kondisi tersebut meningkatkan intensitas pertumbuhan awan hujan.

Aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO) juga, menjadi faktor peningkatan potensi hujan sedang hingga lebat di beberapa wilayah Indonesia. 

BACA JUGA:Damri Rute Rawas Ilir-Lubuklinggau Akan Beroperasi Mulai Minggu Depan

MJO adalah, suatu gangguan gelombang yang dapat terbentuk di wilayah tropis, dan mempengaruhi atmosfer troposfer di wilayah tersebut, serta ke dalam lintang dan saluran atmosfer di berbagai benua.

Selain MJO, kondisi dinamika atmosfer juga, mempengaruhi potensi hujan badai.

Gelombang Rossby, yang terbentuk di wilayah Indonesia beberapa hari yang lalu cukup bertahan hingga lima hari ke depan, dan pola pertemuan angin dan belokan angin di sekitar wilayah Sumatra, Jawa, dan Kalimantan.

BACA JUGA:Bro Kaesang Optimis, PSI Sumsel Akan Bawa Kemenangan untuk Prabowo-Gibran

Sumber: