Siap-siap, Pendaftaran CPNS 2024 Akan Dibuka!

Siap-siap, Pendaftaran CPNS 2024 Akan Dibuka!

ASN 2024-desti -

HARIANOKUS.COM - Pemerintah Indonesia kembali membuka lowongan Pegawai Negeri Sipil (PNS) melalui seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2024 ini.

Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan rencana penerimaan CPNS 2024 akan memberikan prioritas pada formasi guru dan kesehatan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Abdullah Azwar Anas, menyatakan bahwa rekrutmen CPNS 2024 dibuka untuk memenuhi kebutuhan PNS sektor pendidikan dan kesehatan.

Formasi guru dan tenaga kesehatan menjadi yang paling banyak dibuka dalam rekrutmen CPNS 2024.

Selain itu, pemerintah memberikan kesempatan bagi fresh graduate untuk bergabung menjadi PNS dan memberikan kontribusi dalam pembangunan dan pelayanan publik.

BACA JUGA:Penuh Khidmat, Pemda OKU Selatan Gelar Upacara Peringati Hari Ulang Tahun ke-20 Kabupaten OKUS

Namun demikian, terdapat persyaratan yang harus dipenuhi bagi para pelamar, termasuk syarat pendidikan dan persyaratan kesehatan.

Mereka yang memiliki kebiasaan merokok tidak diperkenankan untuk mendaftar, khususnya untuk formasi tenaga kesehatan.

Untuk formasi guru, pelamar harus minimal memiliki gelar Sarjana Pendidikan (S1)/D4 dan/atau memiliki sertifikat pendidik berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Nomor 2901/B/HK.04.01/2023.

Kualifikasi pendidikan dan/atau kompetensi pendidik untuk guru TK, SD, dan paket A minimal adalah lulusan SMA dan telah mengikuti pendidikan guru selama 2 tahun.

Sedangkan untuk tenaga kesehatan, pelamar harus sesuai dengan persyaratan umum CPNS tenaga kesehatan yang harus dipenuhi.

Syaratnya mencakup kualifikasi pendidikan, status kesehatan, serta persyaratan lainnya.

Rekrutmen CPNS adalah kesempatan emas bagi para pencari kerja yang ingin memiliki karir di sektor publik, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan.

BACA JUGA:Perayaan HUT Kabupaten OKU Selatan ke-20: Hiburan Rakyat di Stadion Mini Bumi Agung

Sumber: