Dana Desa Tahap I Tahun 2024 Diprediksi Cair Awal Februari di OKU Selatan

Dana Desa Tahap I Tahun 2024 Diprediksi Cair Awal Februari di OKU Selatan

Kabid Penataan Desa dan Perencanaan Pembangunan Desa M. Iqbal Surya, S. Kom-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), memproyeksikan bahwa pencairan Dana Desa Tahap I Tahun 2024 akan dimulai pada awal Februari.

Pada saat ini, para Kepala Desa (Kades) tengah menginput Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dan merencanakan penggunaan Dana Desa tersebut.

A. Romzi, SE., M.M, Kepala Dinas PMD OKU Selatan, menjelaskan hal ini melalui Kabid Penataan Desa dan Perencanaan Pembangunan Desa M. Iqbal Surya, S. Kom, pada Kamis (25/01).

Ia menyatakan bahwa selain menunggu selesainya input APBDes, mereka juga menantikan Proses Verifikasi Peraturan Bupati (Perbup) mengenai Petunjuk dan Teknis (Juknis) Pengelolaan Dana Desa Tahun 2024.

BACA JUGA:Polisi Ringkus Pelaku Pembacokan Didepan Rumah Makan Pawon, Dugaan Motif Dendam Lama

BACA JUGA:Viral, Kenal lewat Mobile Legend, Gadis Ulu Rawas Muratara Ini Dinikahi Pria asal Turki

"Perkiraan awal Februari 2024 ini Dana Desa akan mulai dicairkan, asalkan Kades dapat menyampaikan usulan dengan lengkap dan tepat waktu," ucapnya.

Adapun, alokasi anggaran Dana Desa Tahun 2024 mencakup 0.20 persen untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), 20 persen untuk Ketahanan Pangan, dan 3 persen untuk Operasional Kades.

"Pencairan Dana Desa pada tahun 2024 akan dilakukan dalam 2 tahap, dengan Tahap Pertama sebesar 40 persen dan Tahap II sebesar 60 persen. Peraturan Bupati saat ini sedang dalam proses verifikasi oleh Pemerintah Provinsi," terangnya. (Dal)

Sumber: