Kilas Balik Hotel RI (Ranau Indah) : Berdiri Tahun 2011, Habiskan Biaya 6 Milyar, Pernah di Inap Mentri

Kilas Balik Hotel RI (Ranau Indah) : Berdiri Tahun 2011, Habiskan Biaya 6 Milyar, Pernah di Inap Mentri

Pembongkaran Hotel RI yang terletak di Desa Surabaya Timur, Kecamatan Warkuk Ranau Selatan itu sendiri dilakukan oleh Kementrian ATR/BPN, Balai Sungai Wilayah VIII, Pemkab OKU Selatan, Kejaksaan dan Polri.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM  - Pembangunan Hotel dan Waterpark yang terletak diwilayah Desa Surabaya Timur, Kecamatan Warkuk Ranau Selatan, Kabupaten OKU Selatan dilakukan secara bertahap.

Pembangunan itu terhitung sejak Tahun 2011 hingga Tahun 2023 telah menelan biaya hingga mencapai 6 Milyar lebih.

Lantaran melanggar Undang-Undang Ruang (TR) Padan Sungai, sehingga diproses oleh Pemerintah Kabupaten bersama Kementrian ATR/BPN, Balai Besar Sungai Wilayah VIII Sumsel sehingga berakhir dengan pembongkaran.

"Kami membangun Hotel dan Waterpark ini sejak Tahun 2011 dimulai dari Waterpak dan sejumlah kamar, lalu pada Tahun 2015 menambah Hotel dan kolam, dan pada Tahun 2022 kami juga melakukan penambahan wahana lainnya," cetus Amril selaku pemilik Hotel RI, Sabtu (27/01).

BACA JUGA:Sejarah Hotel Ranau Indah (RI) dan Fasilitas Eksklusif yang Sebelum Akhirnya di Eksekusi Pembongkaran

BACA JUGA:Fasilitas Wisata yang Melanggar Aturan di Danau Ranau

Dikatakannya, pembangunan Waterpark dan Hotel ini pada dasarnya bertujuan untuk mendukung wisata Danau Ranau untuk fasilitas pendukung.

"Dimulai dari pertama hingga sampai saat ini pembangunan yang kami dirikan ini sudah memakan biaya sebesar Rp. 6 Milyar lebih, kami tidak menyangka kalau akan dibongkar oleh Pemerintah," ucapnya.

Tentunya, selama RI ini berdiri sudah banyak yang petinggi yang menginap seperti dari Polda, Kementrian, dan Pejabat lainnya.

"Sudah banyak pernah menginap, seperti peringgi Polda Sumsel, bahkan dari Polri, hingga pejabat Provinsi lainnya selama ini, karena memang fasilitas ini untuk umum," ucap Amril disela menahan rasa sedihnya saat pembongkaran Hotel.

BACA JUGA:Pasca Keluar Keputusan MA, Hotel Ranau Indah (RI) OKU Selatan dilakukan Eksekusi Pembongkaran

BACA JUGA:50 Personel Dikerahkan Polres OKU Selatan Demi Amankan Eksekusi Pembongkaran Hotel Ranau Indah (RI)

Sumber: