Longsor di Kecipung, Dinas PU Segera Pasang Talud

Longsor di Kecipung, Dinas PU Segera Pasang Talud

longsor diwilayah Lingkungan 8 dan 9 Kelurahan Batu Belang Jaya (Kecipung), Kecamatan Muaradua-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Setelah terjadi longsor di Lingkungan 8 dan 9 Kelurahan Batu Belang Jaya (Kecipung), Kecamatan MUARADUA, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Dinas Pekerjaan Umum-Tata Ruang (PU-TR) akan segera memasang dinding penahan tanah atau talud.

Kepala Dinas PU-TR OKU Selatan, Ir. A. Farid Effendi, ST., MM, menyampaikan hal ini melalui PPK Pradana Adi Nugraha pada Jumat, 1 Maret 2024.

Menurutnya, untuk menanggulangi tanah longsor di Kecipung, akan dibangun dinding penahan tanah atau talud.

"Jenisnya masih dalam konsultasi dengan tenaga teknis, namun kami meminta kontraktor segera bekerja untuk membersihkan area di bawah, seperti bekas coran pipa," ujarnya.

BACA JUGA:Ternyata Membuat SKCK Sangat Mudah, Biaya Pun Tidak Mahal. Begini Caranya !

Opsi yang diajukan termasuk talud jenis pasang batu dan cor beton, namun mereka lebih memilih cor beton karena dianggap lebih kuat daripada pasangan batu.

"Opsi ini masih dalam tahap perencanaan, namun setidaknya kontraktor telah mulai membersihkan area di lokasi bagian bawah," tambahnya.

Sementara itu, terkait dana pengerjaan, belum dapat diinformasikan karena masih dalam tahap darurat. Mereka sedang bekerja sambil merencanakan dalam Rencana Anggaran Belanja (RAB).

BACA JUGA:Tips Belanja Online di Blibli, Manfaatkan Fitur dan Promo untuk Pengalaman Berbelanja yang Lebih Efisien

Namun, perkiraan anggaran pengerjaan talud ini sekitar Rp. 3,5 miliar dengan menggunakan anggaran penanggulangan bencana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang dialihkan ke Dinas PU-TR.

"Kami masih merancang teknis pengerjaan dan bahan yang akan digunakan untuk penahan tanah tersebut secepat mungkin," tutupnya. (Dal)

Sumber: