Biji Dukuh, Rempah yang Menakjubkan untuk Kesehatan Anda!

Biji Dukuh, Rempah yang Menakjubkan untuk Kesehatan Anda!

Poster Biji dukuh memiliki potensi besar sebagai tambahan kesehatan tubuh kita-Foto: DOK/HOS-

HARIANOKUS.COM - Biji dukuh bukan hanya rempah-rempah untuk masakan, tapi juga memiliki potensi besar sebagai tambahan kesehatan tubuh kita.

Biji dukuh kaya akan antioksidan, yang membantu melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. 

Selain itu, bersama dengan kandungan serat yang tinggi, biji dukuh dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti kembung dan diare. 

Merupakan sumber serat yang baik dapat membuat kita kenyang lebih lama, menghambat penyerapan glukosa dan bisa membantu mengurangi nafsu makan.

BACA JUGA:TP-PKK OKU Selatan Raih Juara III dalam Lomba Senam Kreasi Enam Langkah Cuci Tangan

Namun, satu dari manfaat yang paling menjanjikan dari biji dukuh adalah, kemampuannya dalam meredakan gejala penyakit diabetes. 

Studi menunjukkan bahwa, biji dukuh dapat membantu menangani resistensi insulin, dan menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes

Penelitian ini berfokus pada kemampuan biji dukuh dalam meningkatkan sensitivitas insulin, mencegah peningkatan kadar gula, dan faktanya antioxidant dalam Bijidukuh dapat menghambat pembentukan dan perkembangan sel kanker.

BACA JUGA:Tradisi Ruwahan, Merayakan Warisan Budaya dan Spiritualitas dalam Kehidupan Masyarakat

Namun seperti dengan mengambil hormon atau obat-obatan, dosis biji dukuh harus sesuai dengan dosis yang direkomendasikan oleh dokter, terutama bagi orang yang mengkonsumsi obat-obatan tertentu atau memiliki riwayat penyakit tertentu. 

Biji dukuh juga, tidak seharusnya menjadi pengobatan alternatif utama untuk diabetes, dan bukanlah pengganti obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

Terkait dengan dosis, biji dukuh dapat diminum dalam bentuk teh atau dicampur dengan smoothie. 

BACA JUGA:Lampu Indikator Berkedip? Masalah Pada Kendaraan Anda!

Mengonsumsi biji dukuh mentah, seperti halnya biji kopi, bisa sulit untuk dicerna dan diproses tubuh. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengkonsumsi biji dukuh adalah dalam bentuk yang telah dimasak, seperti teh atau dalam makanan, seperti roti.

Sumber: