Menyambut Ramadan, Ajak Siswa Gelar Tarhib

Menyambut Ramadan, Ajak Siswa Gelar Tarhib

Unit Pelakaana Tugas (UPT) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN-01) Simpang mengajak siswa-siswi gelar Tahrib Ramdhan yang meliputi tausiyah singkat, yasinan dan do'a bersama, pada Sabtu 09 Maret 2024.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Guna mempersiapkan diri menyambut bulan suci Ramadan, Unit Pelaksana Tugas (UPT) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN-01) Simpang mengajak siswa-siswi untuk menggelar Tarhib Ramadan yang meliputi tausiyah singkat, yasinan, dan doa bersama, pada Sabtu, 9 Maret 2024.

Kepala UPT SMPN-01 Simpang, Rita Aziana, S. Pd, mengatakan bahwa kegiatan Tarhib ini bertujuan untuk meningkatkan semangat siswa dan keluarga besar SMPN-01 Simpang dalam menyambut bulan suci Ramadan.

"Tahrib ini kami gelar untuk menyebarkan Islam dan memberikan semangat kepada para siswa serta keluarga besar SMPN-01 dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadan,” ungkapnya.

BACA JUGA:Ada Banyak Keutamaan dan Manfaat Sedekah,Berikut Penjelasnnya

Ia berharap, melalui kegiatan ini, siswa-siswi semakin memahami Islam, khususnya perintah berpuasa di bulan Ramadan, dan semakin baik dalam menjalankan ibadah puasa sesuai dengan perintah dalam Al-Quran dan Hadits.

Dengan kegembiraan menyambut bulan Ramadan ini, bukan hanya siswa, tetapi juga masyarakat umum, bisa meraih kemuliaan.

“Bulan Ramadan harus disambut dengan penuh sukacita,” imbuhnya.

"Tarhib kali ini siswa-siswi sangat antusias, hal ini menandakan kerinduan yang mendalam akan datangnya bulan suci Ramadan, kerinduan akan suasana semarak menyambut bulan agung dan mulia ini,” ucapnya.

BACA JUGA:Mengenal 5 Ilmuwan Muslim yang Berpengaruh di Dunia, Ini penjelasannya

Pada acara Tarhib ini, siswa melaksanakan yasinan, doa bersama, dan mendapatkan siraman rohani, sebagai bekal menjalani bulan puasa nanti.

"Tarhib ini dilaksanakan secara rutin setiap menyambut bulan suci Ramadan, sama seperti yang dilakukan oleh masyarakat umum, yakni ruahan, tetapi dalam lingkungan sekolah kami menyebutnya Tarhib," cetusnya.

"Artinya, dari mulai menyambut bulan suci Ramadan, kami diajarkan untuk membersihkan diri dan mempersiapkan diri untuk menjalani ibadah selama satu bulan penuh," tandasnya. (Dal)

Sumber: