Bupati Popo Ali Ajak Warga Jaga Ketertiban Selama Bulan Puasa

Bupati Popo Ali Ajak Warga Jaga Ketertiban Selama Bulan Puasa

Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Popo Ali Martopo, B.Comm-foto: Diskominfo OKUS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Menjelang bulan suci Ramadan tahun 1445 H, Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, B. Commerce, memimpin ajakan kepada masyarakat untuk memelihara ketenteraman dan ketertiban selama menjalankan ibadah puasa.

Dalam surat edaran resmi berjudul Nomor: 300/077/SATPOL-PP.I/SE/III/2024, Bupati Popo Ali Martopo, B.Comm, menekankan pentingnya menjaga kedamaian serta kekhusyukan umat Muslim selama bulan Ramadan yang mulia.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengajak seluruh masyarakat OKU Selatan untuk menyambut bulan Ramadan tahun 2024 dengan penuh kegembiraan, serta melaksanakan ibadah wajib dan sunnah dengan khidmat.

BACA JUGA:SMPN-01 Muaradua Bangun Taman Baca untuk Tingkatkan Minat Baca Siswa

Lebih lanjut, Bupati meminta agar selama bulan Ramadan, masyarakat OKU Selatan tidak menggunakan petasan, kembang api, atau bahan peledak lainnya yang dapat mengganggu ketenangan.

Selain itu, ia juga menginstruksikan kepada pemilik rumah makan dan warung nasi untuk menyesuaikan jam buka usaha mereka, serta memberlakukan aturan tidak membuka warung secara terbuka atau dengan menggunakan tirai.

Tidak hanya itu, Bupati juga meminta agar tempat hiburan ditutup sementara selama bulan suci Ramadan sebagai bentuk penghormatan terhadap ibadah umat Islam.

BACA JUGA:Pemdes Gemiung Berhasil Panen 1.258 Kg Ikan Lele

"Kepada para pedagang takjil, kami mengimbau agar tidak mengganggu lalu lintas dengan menyebarkan dagangan mereka ke badan jalan," tambahnya.

Selain itu, Bupati juga menegaskan kepada pedagang makanan agar tidak menggunakan bahan berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan konsumen.

Terakhir, Bupati mengingatkan anak-anak, remaja, dan dewasa untuk tidak melakukan balapan liar atau kebut-kebutan di jalan dengan menggunakan knalpot brong yang menghasilkan suara bising yang mengganggu.

BACA JUGA:Cara Menanam Anggur yang Mudah di Halaman Rumah, Berikut Caranya

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk selalu memelihara toleransi dan kerukunan antar umat beragama, demi terwujudnya persatuan kita semua," pungkasnya. (Dal)

Sumber: