Bapenda OKU Selatan Gencar Sosialisasikan PBB-P2

Bapenda OKU Selatan Gencar Sosialisasikan PBB-P2

Bapenda OKU Selatan sosialisasi PBB-P2-Foto: Hamdal Hadi/Harian OKU Selatan.-

Muaradua, HARIANOKS.COM - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten OKU Selatan bekerja sama dengan Pusat Penelitian Geografi Terapan Universitas Indonesia (UI) tengah melakukan sosialisasi secara intensif mengenai Pemutakhiran dan Pemetaan Objek Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

sosialisasi tersebut digelar oleh Bapenda OKU Selatan di 19 Kecamatan secara bergilir, dengan salah satu kegiatan dilaksanakan di Kecamatan Banding Agung, Kabupaten OKU Selatan.

"Dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), seluruh masyarakat diwajibkan untuk membayar pajak. Kepatuhan dalam membayar pajak sangat penting karena itu merupakan kontribusi kepada Pemerintah Kabupaten," ungkap Drs. H. Linkulin, MM selaku Kepala Badan Pendapatan Daerah, yang disampaikan oleh Sekretaris Bapenda Komariah, S. Kom.

BACA JUGA:ASN di Pemerintah Kabupaten OKU Selatan Diberi Kelonggaran Jam Kerja Selama Bulan Ramadhan

Ia menambahkan, bahwa Pemkab OKU Selatan melalui Bapenda mengapresiasi kesadaran masyarakat yang sudah patuh dalam membayar pajak.

"Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat yang belum taat pajak, karena membayar pajak adalah kewajiban yang harus dipenuhi," ujarnya.

Sementara itu, Selly Juanita, SE., MM selaku Kepala Bidang Pendataan dan Pendaftaran menegaskan bahwa tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memastikan bahwa data yang ada tidak ganda dan hasilnya sesuai dengan kondisi di lapangan.

"Melalui pencocokan data, kami berharap dapat menghindari adanya duplikasi data dan mengajak masyarakat untuk terus taat membayar pajak, sehingga dapat membantu peningkatan PAD OKU Selatan di masa depan," jelasnya.

BACA JUGA:Polres OKU Selatan Berhasil Amankan Ibadah Hari Raya Nyepi Tahun 2024

Sosialisasi ini dilakukan di setiap Kecamatan, dengan mengajak partisipasi Kepala Desa, masyarakat, dan Pemerintah Kecamatan setempat.

Selly menekankan bahwa sosialisasi ini menjadi penting mengingat capaian realisasi PBB-P2 pada tahun 2023 belum mencapai target yang diharapkan. Oleh karena itu, sosialisasi ini ditekankan kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam membayar pajak.

"Kami berharap bahwa ke depannya akan terjadi peningkatan PAD sesuai dengan harapan Pemkab OKU Selatan, yang dapat menjadi penopang PAD melalui sumbangan pajak ini," tutupnya. (Dal)

Sumber: