7 Point Penting Dalam Menjalankan Ibadah Puasa

7 Point Penting Dalam Menjalankan Ibadah Puasa

--

OKUSELATAN, HARIANOKUS - Dalam menyambut bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba, Umat Islam disemangati untuk memahami dan menghayati tujuh keutamaan yang menjadi panduan spiritual dalam menjalankan ibadah puasa.

Puasa Ramadhan memang merupakan waktu yang istimewa bagi umat Islam, dan keutamaannya sangat beragam, seperti yang telah dipaparkan dalam tulisan yang Anda berikan.

Dari pembahasan tersebut, terlihat beberapa poin penting yang dapat menjadi landasan spiritual bagi umat Muslim dalam menjalankan ibadah puasa:

1. Peningkatan Derajat dan Pengampunan Dosa: Bulan Ramadhan adalah waktu di mana Allah SWT membuka pintu surga dan menutup pintu neraka.

Ini menjadi kesempatan bagi umat Muslim untuk mendapatkan pengampunan dosa-dosa mereka dan mendapatkan kenaikan derajat di sisi Allah SWT.

2. Pengendalian Syahwat dan Nafsu: Dengan menahan lapar dan dahaga selama puasa, umat Muslim dapat lebih mudah mengendalikan nafsu dan syahwat dalam diri mereka.

BACA JUGA:Safari Jum'at di Masjid Suro, Herman Deru : Ini Masjid Bersejarah Yang Harus Dipertahankan Keasliannya

Hal ini membantu mereka untuk lebih fokus dalam menjalankan ketaatan kepada Allah SWT dan menjauhi perbuatan maksiat.

3. Penumbuhan Empati dan Kepedulian Sosial: Pengalaman menahan lapar dan dahaga selama puasa Ramadhan dapat memunculkan rasa Empati dan kepedulian terhadap sesama, terutama kepada mereka yang kurang mampu.

Hal ini mendorong umat Muslim untuk lebih aktif dalam berbuat kebaikan dan memberikan sedekah kepada yang membutuhkan.

4. Peningkatan Ketaatan dan Penghindaran dari Neraka: Pengalaman menahan lapar dan dahaga juga menjadi pengingat bagi umat Muslim akan siksaan di neraka.

Hal ini memotivasi mereka untuk meningkatkan ketaatan kepada Allah SWT agar terhindar dari siksaan tersebut.

5. Merasakan Kenikmatan Syukur: Saat berbuka puasa setelah seharian menahan lapar dan dahaga, umat Muslim merasakan kenikmatan yang lebih dalam karena mereka telah melaluinya dengan perjuangan.

BACA JUGA:Sejarah Isra Mikraj dalam Hadits, Momen Penting Nabi Muhammad SAW yang Menetapkan Shalat Lima Kali Sehari

Sumber: