Optimalkan Koordinasi Tanggap Insiden Siber, Diskominfo OKU Selatan Ikuti Communication Check Triwulan I Gov-C

Optimalkan Koordinasi Tanggap Insiden Siber, Diskominfo OKU Selatan Ikuti Communication Check Triwulan I Gov-C

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengikuti rangkaian kegiatan Communication Check Triwulan I Gov-CSIRT secara daring di Ruang Vidcon Diskominfo, Kamis 21 Maret 2024.-foto: Diskominfo OKUS-

Muaradua, HARIANOKUS.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten OKU Selatan turut serta dalam kegiatan Communication Check Triwulan I Gov-CSIRT secara daring di Ruang Vidcon Diskominfo pada hari Kamis, 21 Maret 2024.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memastikan operasional tanggap insiden siber di sektor pemerintah berjalan optimal, serta untuk memperkuat koordinasi dan komunikasi antara tim tanggap insiden siber sektor pemerintah.

Acara ini diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia (BSSN RI), yang rutin diikuti oleh CSIRT Pemerintah Pusat dan CSIRT Pemerintah Daerah yang telah terbentuk.

Zakiah, SE., MM selaku Kepala Dinas Kominfo OKU Selatan, menjelaskan bahwa kegiatan dimulai dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan evaluasi Communication Check yang disampaikan oleh perwakilan Gov-CSIRT.

BACA JUGA:Kapolres OKU Selatan Pimpin Patroli Hunting

BACA JUGA:Kejaksaan Negeri (Kejari) OKU Selatan Menyelesaikan Kasus dengan Restorative Justice (RJ)

Selanjutnya, terdapat paparan dari perwakilan direktorat operasi keamanan siber monitoring karya mandiri. Uji komunikasi dengan skenario Hello Check Communication menggunakan PGP juga dilaksanakan sesuai dengan email masing-masing CSIRT.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan operasional tanggap insiden siber di sektor pemerintah serta memperkuat pola koordinasi dan komunikasi antar tim tanggap insiden siber sektor pemerintah.

Zakiah menekankan pentingnya partisipasi dari Pemerintah Pusat dalam kegiatan ini, yang perlu diikuti dan dilaksanakan oleh semua Pemerintah Kabupaten OKU Selatan. (*)

Sumber: