Tanggulangi Longsor, Pemkab Pasang Talud Cor Beton Leter U di Batu Belan

Tanggulangi Longsor, Pemkab Pasang Talud Cor Beton Leter U di Batu Belan

Dinas Pekerjaan Umum-Tata Ruang (PU-TR) pasangkan Talud Cor Beton Leter U.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Untuk mengatasi bencana tanah longsor di Batu Belang (Kecipung), Kecamatan Muaradua, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan melalui Dinas Pekerjaan Umum-Tata Ruang (PU-TR) memasang Talud Cor Beton dengan bentuk Leter U.

Pemasangan talud cor beton ini dilakukan sebagai respons terhadap bencana alam dan dilaksanakan dengan sistem SPMK.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas (Kadin) PU-TR OKU Selatan, Farid Effendi, ST., MM, melalui PPTK Pradana Adinugraha, ST, pada Senin, 6 Mei 2024.

"Karena ini merupakan bencana alam, maka pekerjaan dilakukan terlebih dahulu sebelum pembayaran. Pengerjaan dimulai dengan pemasangan di Dam, kemudian membentuk Leter U untuk menahan tanah," ujarnya.

BACA JUGA:Pemkab OKUS Kembali Ikuti Rakor Langkah Penanganan Inflasi

BACA JUGA:Pemkab OKU Selatan Berperan Aktif dalam Rapat Koordinasi Bersama Kemendagri RI untuk Pengendalian Inflasi Tahu

Pengerjaan ini telah dimulai beberapa waktu lalu dan ditargetkan selesai dalam waktu enam bulan ke depan.

"Selama proses pengerjaan, para pekerja mengalami kesulitan saat hujan karena pekerjaan yang telah dilakukan tertutup kembali oleh tanah," ungkapnya.

Pekerjaan tersebut ditangani oleh kontraktor dari Cv. Kanan Mandiri Putra dan anggarannya dialokasikan melalui Anggaran Biaya Tak Terduga (BTT) Kabupaten OKU Selatan Tahun 2024," kata Riki.

BACA JUGA:Jangan Pernah Remehkan HP Harga 2 Jutaan, Ini Alasanya!

BACA JUGA:Ternyata Diabetes Bukan Hanya Untuk Orang Dewasa, Remaja Pun Bisa Mengalami

Dia juga menambahkan bahwa penanggulangan tanah longsor di Kecipung dilakukan dengan membangun talud cor beton karena dianggap paling efektif.

"Kami yakin bahwa setelah selesai, wilayah tersebut akan aman karena tanah di bawahnya sudah ditahan dengan vor beton, dan akan dijaga lebih lanjut di sekitar lokasi longsor tersebut," tandasnya. (Dal)

Sumber: