Petugas Damkar Cek Apar RSUD OKU Selatan

Petugas Damkar Cek Apar RSUD OKU Selatan

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten OKU Selatan (Damkarmat) melakukan pemeriksaan Hidran dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) OKU Selatan.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten OKU Selatan (Damkarmat) melakukan pemeriksaan hidran dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) OKU Selatan.

Plt Kepala Dinas Damkarmat OKU Selatan, Wily Agus, ST., MM., MT, menyampaikan bahwa peningkatan pemeriksaan APAR gedung RSUD bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran yang dapat menimbulkan korban jiwa dan kerugian harta benda.

"Kami melakukan pemeriksaan ini pada Rabu, 8 Mei 2024," ungkapnya.

BACA JUGA:Sambut Pilkada 2024, Pemkab OKU Selatan Teken NPHD Bersama Pemerintah Provinsi Sumsel

Dalam pemeriksaan tersebut, pihaknya melalui Bidang Pencegahan melakukan pengecekan peralatan pemadam api di RSUD untuk memastikan peralatan tersebut tersedia dan berfungsi dengan baik.

"Sesuai permintaan dari pihak RSUD OKU Selatan, kami melakukan pengecekan terhadap alat tersebut guna memastikan masih dapat digunakan atau tidak, serta cara mengoperasionalkannya," terangnya.

Agus juga menjelaskan bahwa peralatan pemadam sangat penting untuk selalu tersedia dalam kondisi siap pakai guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran di gedung tersebut.

BACA JUGA:OPPO Mengumumkan Keunggulan Performa Chipset Mediatek Dimensity 7050 dalam Reno11 F 5G

"Kebakaran di gedung dapat dicegah lebih dini agar tidak meluas jika peralatan pemadam kebakaran yang ada di gedung tersebut tersedia dan dalam kondisi baik serta siap digunakan," ungkapnya.

"Jika peralatan pemadam kebakaran tersedia dengan baik, api yang sewaktu-waktu muncul akibat korsleting listrik, ledakan gas, dan penyebab lainnya dapat dipadamkan dalam waktu singkat sehingga tidak menyebar ke mana-mana," tambahnya.

Selain melakukan pemeriksaan alat pemadam api di gedung RSUD OKU Selatan, pihaknya juga berupaya meningkatkan kesiapsiagaan petugas dan peralatan yang dimiliki oleh Dinas Damkar dan Penyelamatan.

"Dengan kesiapsiagaan petugas Damkar dan didukung peralatan pemadam api yang memadai, kami berharap dapat memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami bencana kebakaran secara cepat sehingga dapat mencegah timbulnya kebakaran besar," tandasnya. (Dal)

Sumber: