Bedah Mulut, Solusi Komprehensif untuk Kelainan Gigi dan Rahang

Bedah Mulut, Solusi Komprehensif untuk Kelainan Gigi dan Rahang

Bedah Mulut , Foto : Halodoc-desti-

HARIANOKUS.COM - Bedah mulut kini menjadi solusi utama dalam mengatasi berbagai kelainan pada gigi, lidah, gusi, serta struktur rahang.

Prosedur ini, yang dilakukan oleh dokter gigi spesialis bedah mulut, memainkan peran penting dalam perawatan kesehatan mulut yang komprehensif.

Dalam banyak kasus, dokter gigi spesialis bedah mulut juga bekerja sama dengan spesialis lain seperti THT, bedah plastik, atau onkologi untuk memberikan perawatan terbaik bagi pasien.

Jenis-jenis Bedah Mulut

Beberapa jenis bedah mulut yang umum dilakukan meliputi:

Implan Gigi: Prosedur ini menggantikan akar gigi yang hilang dengan bahan buatan seperti titanium atau zirconia, yang kemudian ditanam ke dalam gusi.

Implan gigi sering kali memerlukan beberapa tahap tindakan medis.

Operasi Gigi Bungsu: Dikhususkan untuk mengatasi impaksi gigi bungsu yang tidak tumbuh sempurna, tindakan ini mencegah komplikasi seperti infeksi, kista gigi, dan peradangan gusi.

Operasi Rahang: Bertujuan untuk memperbaiki kelainan pada rahang atas (maksila) atau rahang bawah (mandibula).

Prosedur ini bisa melibatkan pemotongan dan penyesuaian tulang rahang serta pemasangan pelat atau sekrup untuk stabilisasi.

Indikasi dan Tujuan Bedah Mulut

BACA JUGA:Manfaat Air Rendaman Kurma untuk Kesehatan, Termasuk Mencegah Rambut Rontok

Bedah mulut dapat direkomendasikan untuk berbagai kondisi, termasuk kelainan rahang, sakit kepala berat akibat kelainan bentuk rahang, gangguan gigi seperti overbite dan underbite, serta gangguan tidur seperti sleep apnea.

Selain itu, prosedur ini juga dapat digunakan untuk menangani infeksi bakteri, tumor rahang, dan kanker lidah.

Sumber: