Dinkes OKU Selatan Terus Lakukan Monitoring dan Evaluasi Posyandu Lansia

Dinkes OKU Selatan Terus Lakukan Monitoring dan Evaluasi Posyandu Lansia

Dinkes melakukan Monev diseputaran wilayah Kecamatan Buay Rawan, kemudian Minggu 19 Mei Dinkes mengunjungi Posyandu Lansia di Kecamatan Buana Pemaca, Kabupaten OKU Selatan.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten OKU Selatan terus melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap pelayanan Posyandu Balita dan Posyandu Lanjut Usia (Lansia) di tingkat desa.

Setelah sebelumnya melakukan monev di sekitar wilayah Kecamatan Buay Rawan, pada Minggu, 19 Mei, Dinkes mengunjungi Posyandu Lansia di Kecamatan Buana Pemaca, Kabupaten OKU Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) OKU Selatan, dr. Meri Astuti, MM, melalui Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Mardiana, S.KM., MM, menyatakan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk memantau pelaksanaan Posyandu Lansia, terutama terkait senam lansia, pemeriksaan kesehatan, penyuluhan kesehatan, skrining lansia, serta Pengkajian Paripurna Pasien Geriatri (P3G).

BACA JUGA:Kolaborasi Polri-TNI Lakukan Patroli Dialogis

"Kegiatan ini diikuti oleh Posyandu Lansia. Dengan adanya Posyandu Lansia, diharapkan para lansia tetap sehat, produktif, dan ceria sesuai dengan yel-yel dari Posyandu Lansia," ujarnya.

Menurutnya, peranan dan fungsi Posyandu Lansia sangat penting karena lansia memiliki kebutuhan kesehatan yang berbeda.

“Peranan dan fungsi Posyandu Lansia ini untuk memberdayakan lansia agar mandiri serta dapat meningkatkan kualitas hidup mereka,” tambahnya.

BACA JUGA:TNI-Polri Bantu Warga Muaradua Bersihkan Semak Belukar

Ia juga menjelaskan beberapa program prioritas untuk lansia yang telah digagas oleh Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Selatan.

"Beberapa program juga akan kami gerakkan melalui peranan Posyandu. Jadi, kesehatan lansia selain melalui Posbindu Mobile yang mengunjungi tiap rumah, kita juga mengaktifkan peranan dan fungsi Posyandu Lansia yang bermanfaat bagi jaminan kualitas kehidupan para lansia kita,” pungkasnya. (Dal)

 

 

 

 

Sumber: