Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Mapolres OKU Selatan Berlangsung Khidmat

 Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Mapolres OKU Selatan Berlangsung Khidmat

Kapolres OKU SElatan Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila-foto: humas Polres-

OKUSELATN, HARIANOKUS.COM – Mapolres OKU Selatan menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada hari Sabtu, 1 Juni 2024. 

okuselatan.disway.id/listtag/4960/upacara">Upacara ini dipimpin langsung oleh Kapolres OKU Selatan, AKBP Listiyono Dwi Nugroho S.I.K., MH, dan diikuti oleh berbagai satuan di lingkungan Polres OKU Selatan.

Upacara dimulai pukul 07.00 WIB dengan dihadiri oleh 1 Pleton Perwira Polres, 1 Pleton Sat Samapta, 1 Pleton Sat Lantas, 1 Pleton Staff Gabungan, 1 Pleton Polsek Jajaran, serta 1 Pleton Sat Intelkam, Sat Reskrim, dan Sat Narkoba secara bergantian. 

Kegiatan ini berlangsung dengan tertib dan khidmat hingga selesai pada pukul 08.30 WIB.

Dalam upacara ini, Kapolres OKU Selatan menyampaikan pentingnya memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai bentuk penghargaan terhadap sejarah dan dasar negara Republik Indonesia.

"Pancasila adalah fondasi yang mempersatukan kita sebagai bangsa. 

Melalui upacara ini, kita mengingat kembali semangat perjuangan para pendiri bangsa dan mengokohkan komitmen kita untuk menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," ujar AKBP Listiyono Dwi Nugroho.

BACA JUGA:Polres OKU Selatan Gelar Upacara Pemberian Reward dan Punishment untuk Personel Berprestasi dan Tidak Disiplin

Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni didasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016. 

Tanggal ini merujuk pada momen bersejarah ketika Soekarno menyampaikan pidatonya mengenai konsep awal Pancasila pada sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia/BPUPKI) pada 1 Juni 1945.

Pidato Soekarno yang berjudul "Lahirnya Pancasila" menjadi landasan filosofi bagi dasar negara Indonesia. 

Dalam pidato tersebut, Soekarno memperkenalkan lima prinsip dasar yang kemudian dikenal sebagai Pancasila, yang menjadi panduan hidup berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Mapolres OKU Selatan berlangsung dengan situasi keamanan yang terjaga dengan baik. 

Sumber: