Peringati Hari Ipari, KUA Buana Tanam Pohon

Peringati Hari Ipari, KUA Buana Tanam Pohon

Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (Ipari) Kantor Urusan Agam (KUA) Buana Pemaca, Kabupaten OKU Selatan lakukan rawat bumi, tebar Moderasi dan lakukan Gerakan Tanam Sejuta Pohon, pada beberapa waktu lalu.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Dalam rangka memperingati Hari Jadi yang ke-1 Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (Ipari), Kantor Urusan Agama (KUA) Buana Pemaca, Kabupaten OKU Selatan melakukan kegiatan rawat bumi, tebar moderasi, dan Gerakan Tanam Sejuta Pohon pada beberapa waktu lalu.

Anton Satria, SH.I, Kepala KUA Buana Pemaca, Kabupaten OKU Selatan, menyatakan bahwa penanaman pohon dilakukan sebagai bagian dari perayaan Hari Ipari.

"Saat ini, lapisan ozon menipis akibat pencemaran gas klorofluorokarbon (CFC) dan efek rumah kaca yang disebabkan oleh berbagai gas pencemar udara," ucapnya pada Minggu, 02 Juni 2024.

Oleh karena itu, salah satu langkah yang diambil untuk mengurangi dampak negatifnya adalah dengan menanam pohon.

BACA JUGA:BPBD OKU Selatan Edukasi Siswa tentang Penanganan Bencana

Kegiatan penanaman pohon mampu mengurangi dampak pemanasan global melalui kemampuan pohon dalam menyerap emisi karbon, yang merupakan penyebab utama pemanasan global.

Penanaman dilakukan di lahan kosong di luar kawasan hutan atau di sekitar kantor yang belum memiliki pepohonan.

Selain untuk penghijauan dan memperingati Hari Ipari, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan resapan air dan mengurangi polusi," terangnya.

Dalam pelaksanaannya, pihak KUA telah menyiapkan pasak sebagai penyangga tanaman.

BACA JUGA: Bedah Spesifikasi Leptop Acer Predator Triton 17 X, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Untuk perawatan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan secara rutin hingga tiga bulan atau hingga tanaman tersebut dapat tumbuh secara mandiri.

"Penanaman awal memerlukan perawatan, oleh karena itu, perawatan rutin sangat diperlukan," tambahnya.

"Dalam kegiatan ini, pegawai KUA turut dilibatkan," tandasnya. (Dal)

Sumber: