Dinas PU Terus Godok RDTR Perkotaan

Dinas PU Terus Godok RDTR Perkotaan

Rapat tentang Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Wilayah Perencanaan Perkotaan Gunung Terang Kecamatan Buay Sandang Aji. Jumat, 07 Juni 2024-foto: Diskominfo OKUS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PU-TR) Kabupaten OKU Selatan kembali menggelar rapat mengenai Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Wilayah Perencanaan Perkotaan Gunung Terang, Kecamatan Buay Sandang Aji, pada Jumat, 7 Juni 2024.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang OKU Selatan, A. Farid Effendy, ST., MM melalui Kepala Bidang Tata Ruang PU-TR, Alnan Farizi, ST., MT., menyampaikan bahwa materi pembahasan dalam rapat koordinasi ini mencakup pengendalian dan pengawasan tata ruang.

Menurutnya, RDTR akan dituangkan dalam bentuk Peraturan Daerah yang berfungsi sebagai pedoman dalam penetapan perizinan serta pedoman bagi instansi dalam menyusun zonasi dan pemberian izin pemanfaatan bangunan sesuai dengan peruntukan lahan.

Selanjutnya, dibahas juga rencana struktur air minum yang mempertimbangkan pembangunan sumur resapan atau injeksi sebagai kompensasi terhadap pemanfaatan air tanah dalam kawasan permukiman dan perumahan," jelasnya.

BACA JUGA:Puluhan Masa Geruduk DPRD Tuntut Hentikan Komisioner KPU OKU Selatan

BACA JUGA:Dinas PUTR OKU Selatan Gelar Rapat RDTR Wilayah Perkotaan Desa Gunung Terang

Selain sebagai Pusat Pelayanan Kawasan (PPK), di kawasan ini juga akan dibangun prasarana lainnya seperti jalur evakuasi bencana, jaringan distribusi, bak penampungan air hujan, sumur bor, Tempat Penampungan Sementara (TPS) sampah, lahan pertanian pangan berkelanjutan, Base Transceiver Station (BTS), dan jaringan serat optik pada RDTR WP Perkotaan Gunung Terang.

"Seluruh upaya ini bertujuan untuk merancang tata ruang Kabupaten OKU Selatan sehingga wilayah ini menjadi tempat yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan dengan fokus pada sektor pertanian, perkebunan, dan pariwisata," ujarnya. (Dal/rill)

Sumber: