Pemerintah Kecamatan Buay Runjung Lakukan Monitoring dan Evaluasi Dana Desa Tahap I Tahun Anggaran 2024

Pemerintah Kecamatan Buay Runjung Lakukan Monitoring dan Evaluasi Dana Desa Tahap I Tahun Anggaran 2024

Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pisik dan Ketahanan Pangan realisasi Dana Desa tahap I Tahun Anggaran 2024.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Pemerintah Kecamatan (Pemkec) Buay Runjung, Kabupaten OKU Selatan melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) terhadap realisasi Dana Desa tahap I Tahun Anggaran 2024.

Monev dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan bersama Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, dan Stakeholder lainnya.

Monev ini dimulai pada Rabu, 5-7 Juni 2024, dan menyoroti aspek fisik serta Ketahanan Pangan Dana Desa tahap I Tahun Anggaran 2024 di Desa Sugih Waras, Desa Padang Sari, Desa Simpang Saga, Desa Peninjauan, dan Desa Perupus.

Irvan Ferlevi, SE, selaku Camat Buay Runjung, menyatakan bahwa Monev ini bertujuan untuk memastikan penggunaan Dana Desa sesuai rencana dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat.

BACA JUGA:Puluhan Masa Geruduk DPRD Tuntut Hentikan Komisioner KPU OKU Selatan

Kegiatan ini dimulai di Kantor Desa, di mana Kepala Desa dan perangkat desa menyiapkan dokumen administrasi terkait penggunaan Dana Desa.

Dalam pertemuan ini, pihaknya menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan Dana Desa.

“Kami ingin memastikan bahwa setiap rupiah yang dialokasikan dapat memberikan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat. Ini bukan hanya formalitas, melainkan langkah nyata menuju pembangunan yang berkelanjutan,” ujarnya pada hari Sabtu, 8 Juni 2024.

Setelah pengecekan administrasi, tim melanjutkan dengan peninjauan lapangan di beberapa desa.

BACA JUGA:Puluhan Masa Geruduk DPRD Tuntut Hentikan Komisioner KPU OKU Selatan

"Salah satu proyek yang kami tinjau adalah pembangunan saluran irigasi dan jalan setapak di Desa. Proyek ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan memberikan dampak positif bagi ekonomi desa," katanya.

Setelah melihat progres pekerjaan, pihaknya berdiskusi dengan pihak Polri dan warga setempat untuk memastikan kualitas dan manfaat dari proyek tersebut. (dal)

Sumber: