Jelang Idul Adha, Warga Swadaya Bersihkan Masjid

Jelang Idul Adha, Warga Swadaya Bersihkan Masjid

Dalam rangka menjelang pelaksanaan Shalat Udul Adha, warga Dusun IV, Desa Bumi Agung Jaya (BAJ), Kecamatan Buay Rawan, Kabupaten OKU Selatan secara swadaya membersihkan Masjid, Minggu 16 Juni 2024.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM  - Menjelang pelaksanaan Shalat Idul Adha, warga Dusun IV, Desa Bumi Agung Jaya (BAJ), Kecamatan Buay Rawan, Kabupaten OKU Selatan secara swadaya membersihkan masjid pada Minggu, 16 Juni 2024.

Pantauan di lapangan menunjukkan bahwa warga, mulai dari orang tua, dewasa, hingga anak-anak, bahu-membahu membersihkan masjid. Pembersihan mencakup halaman, bagian dalam masjid, hingga tempat wudhu.

"Alhamdulillah, kami selalu kompak setiap ada kegiatan Bakti Sosial (Baksos). Setiap pekerjaan diselesaikan dengan baik karena sejak awal pembangunan masjid ini dilakukan secara swadaya," ujar Kardi.

Kardi menambahkan bahwa semangat gotong royong sudah tertanam lama di permukiman mereka dan selalu diutamakan dalam setiap kegiatan.

BACA JUGA:Gawat, Jalan Lintasdi OKU Selatan ini Nyaris Putus Total

BACA JUGA:Bawaslu RI Berkomitmen Memastikan KPU Menjalankan Putusan MK dengan Tepat

"Di lingkungan kami, belum ada marbot khusus yang menjaga masjid. Oleh karena itu, kami selalu bergotong royong setiap ada kegiatan, apalagi menjelang Idul Adha," katanya.

Selain itu, ia juga merasa bangga karena kegiatan pembersihan masjid ini melibatkan semua kalangan, termasuk anak-anak.

"Alhamdulillah, anak-anak di lingkungan kami juga berpartisipasi dalam membersihkan masjid. Kami sebagai orang tua tidak mengajak secara khusus, tetapi juga tidak menghalangi mereka," tuturnya.

Ia berharap semangat ini akan terus tertanam hingga anak-anak dewasa kelak, sehingga mereka selalu menjaga masjid yang merupakan sarana peribadatan umat Muslim.

BACA JUGA:Puncak Keharuman Ibadah Haji 2024: Jemaah Indonesia Bersama Umat Islam Dunia Wukuf di Arafah

BACA JUGA:Pemkab OKUS Optimalkan Digital Atasi Stunting

"Mudah-mudahan sampai tua nanti mereka akan selalu menjaga masjid karena banyak manfaat yang bisa mereka dapatkan," tandasnya. (Dal)

Sumber: