Waduh! Shin Tae-yong Berpotensi Tinggalkan Timnas Indonesia, Ini Alasan dan Dampaknya

Waduh! Shin Tae-yong Berpotensi Tinggalkan Timnas Indonesia, Ini Alasan dan Dampaknya

Ternyata Ini Alasan STY Ingin Cabut dari Timnas, Apakah Soal Target Kualifikasi Piala Dunia? -Foto: Dok/Sumeks.co.-

HARIANOKUS.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), tengah menjadi sorotan di media sosial Tanah Air karena diperbincangkan akan segera mundur dari posisinya.

Kabar ini muncul karena spekulasi bahwa STY akan meninggalkan timnas setelah Kualifikasi Piala Dunia 2026 karena dianggap tidak realistis.

Meskipun Timnas Indonesia berhasil mencatat sejarah dengan lolos ke ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, target tinggi dari Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) menjadi beban berat bagi STY.

Selain target yang sulit dan tak masuk akal, alasan lainnya yang dikemukakan adalah belum adanya perpanjangan kontrak baru bagi STY.

Erick Thohir selaku Ketua PSSI belum memberikan kejelasan terkait kontrak baru yang akan berakhir pada akhir Juni. Selain itu, STY juga menyatakan ketidakinginan untuk mengikuti ajang AFF dan Sea Games.

BACA JUGA:Mendagri Tito Karnavian Lantik Pj Gubernur Sumut, Sumsel, dan NTB: Prosesi Pelantikan dan Transisi Kepemimpina

BACA JUGA:Pusat Data Nasional Terguncang: Serangan Ransomware dan Tuntutan Tebusan 8 Juta USD

Spekulasi ini semakin kuat setelah STY menunda tanda tangan kontrak baru karena ingin merenegotiasi partisipasi timnas di AFF dan Sea Games.

STY hanya ingin fokus pada kompetisi seperti AFC dan Agenda FIFA, karena dianggap bahwa AFF dan Sea Games bukanlah agenda yang sesuai dengan kelasnya dan menggunakan pemain naturalisasi.

Bagi STY, kehadiran pemain naturalisasi sangat penting untuk memperkuat timnas.

Meskipun STY telah membawa Timnas Indonesia ke level yang baik di Asia dan Kualifikasi Piala Dunia, keputusannya untuk tidak turun di AFF dan Sea Games dapat menjadi ancaman bagi skuad Garuda, terutama dalam persiapan untuk ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. (*)

Sumber: