Tiga Tahun Tak Ada Pasar Bedug di OKUS

Tiga Tahun Tak Ada Pasar Bedug di OKUS

MUARADUA – Suasana Bulan Ramadan 1443 Hijriyah diwilayah Kabupaten OKU Selatan tahun ini agak terasa kurang semarak. Lantaran sudah ke 3 tahun menyusul ditiadakannya pasar bedug terkait pandemi Virus Corona (Covid-19).

 

Sehingga, warga OKUS tidak dapat lagi memanjakan lidah dengan takjil atau menu buka puasa berselara khas tradisional yang biasanya tersaji di pasar bedug.

 

Pasar bedug telah menjadi tradisi masyarakat pada saat pelaksanaan Bulan Suci Ramadhan, dimana pasar bedug merupakan fasilitas bagi pelaku UMKM untuk menjajakan nernagai macam makanan untuk santap berbuka puasa.

 

 

 

 

Lantaran beberapa tahun belakang pandemi Covid-19 melanda diberbagai daerah, sehingga pasar bedug tersebut ditiadakan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan mentiadakan pasar bedug sejak 3 tahun belakang. Diketahui, penyediaan pasar bedug di Kabupaten OKU Selatan terakhir pada Tahun 2019.

 

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) OKU Selatan Drs. H. Elyuzar, M.M mengatakan bahwa untuk Bulan Suci Ramadhan ditahun 2022 ini tidak ada pasar bedug.

 

“Mulanya waktu perencanaan sudah kita anggarkan untuk pasar bedug, tapi di refocusing jadi untuk anggaran pasar bedug juga ikut terpangkas. Dengan begitu untuk tahun ini kita tidak ada kegiatan pasar bedug,’’ tegasnya, saat dikonfirmasi, Selasa (5/4).

Sumber: