Cegah Stunting, Ketua PKK OKU Selatan Datangi Kantor Kades Damapura

Cegah Stunting, Ketua PKK OKU Selatan Datangi Kantor Kades Damapura

Foto: Ketua PKK Kabupaten OKU Selatan, Isyana Lolita Popo Ali, bersama Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan dan Kabid Kesmas serta Kadis KB mengunjungi Desa Damarpura, Selasa (9/8/2022).--

BUANA PEMACA - Ketua PKK Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Isyana Lolita Popo Ali, bersama Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan dan Kabid Kesmas serta Kadis KB mengunjungi Desa Damarpura, Selasa (9/8/2022).

Kedatangan Ketua PKK OKU Selatan ini dalam rangka menghadiri Posyandu Bulan Agustus dimana bulan Agustus adalah bulan Pemberian Vitamin A, Penimbangan dan pengukuran secara Serentak Nasional kepada para Bayi  usia 6 bulan sampai 24 bulan dan Balita 2 sampai 5 Tahun.

Acara Posyandu pemberian vitamin A dan penimbangan serta pengukuran bayi dan Balita di Desa Damarpura ini dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Damarpura.

Turut hadir dalam acara, Camat Kecamatan Buans Pemaca, Devi Ansori, Kepala UPT Puskesmas Buana Pemaca, Kades Damarpura beserta ketua PKK desa setempat dan oleh seluruh anggota Kader Posyandu Desa Damarpura selain para ibu-ibu yang mengikuti Postandu.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Selatan, dr. Merry Astuti MM menyampaikan bahwa bulan Agustus tahun ini adalah bulan pemberian vitamin A, penimbangan dan pengukuran terhadap bayi dan balita secara serentak di seluruh Indonesia.

“Jadi diharapkan seluruh balita diantar orang tua untuk datang ke Posyandu guna melaksanakan penimbangan dan pengukuran sekaligus pemberian Vitamin A kepada para bayi dan balita usia 6 sampai 24 bulan dan 6 sampai 5 Tahun," jelasnya.

Dikatakannya, pengukuran penting dilakukan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan bagi balita, mencegah kekurangan gisi yang dapat mengakibatkan terjadinya kasus Stunting.

“Pemantauan pertumbuhan Balita merupakan agenda rutin setiap bulan di Puskes dan pemberian vitamin A dilakukan 2 kali dalam setahun yaitu Februari dan Agustus," ungkapnya.

Dituturkan Mery, vitamin A sendiri tidak di produksi oleh tubuh sehingga harus di penuhi dengan cara melalui asupan gisi yang cukup. Sebab kekurangan vitamin A bisa berdampak terhadap kelainan pada mata yang umumnya terjadi pada balita usia 6 bulan sampai 4 Tahun yang menjadi penyebab utama kebutaan, infeksi sesak nafas, campak dan diare.

"Semoga Tuhan yang Esa merindhoi langkah kita semua dalam upaya pencegahan dan penanganan Stunting di OKU Selatan," ucap Mery.

Sementara itu Camat Kecamatan Buana Pemaca, Devi Ansori dan Kades Damarpura, Dodi Darwin menyambut baik kedatangan Ketua PKK Kabupaten OKU Selatan ke Desa Damarpura dalam rangka Pencegahan Stunting.

“Ini dalam rangka sebagai Pilot Projek gerakan Pencegahan Stunting di OKU Selatan. Untuk lebih jelasnya nanti saya kirim melalui WA saja," ujar kades Damarpura saat dibincangi seusai acara. (DK)

Sumber: