Bikin Miris, Tumpukan Sampah Hiasi Sisi Jembatan Komering I

Bikin Miris, Tumpukan Sampah Hiasi Sisi Jembatan Komering I

Foto: Tumpukan sampah yang terlihat di atas besi glagar jembatan Komering Satu Kota Muaradua.--

MUARADUA - Upaya untuk tidak membuang sampah sembarangnya nampaknya masih perlu ditanamkan secara mendalam di masyarakat. Sebab dengan rendahnya kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarang menyebabkan hingga sat ini masih masih sampah liar yang dibuang sembarang oleh masyarakat.

Salah satunya seperti yang terlihat di atas besi glagar jembatan Komering Satu Kota Muaradua. Tumpukan sampah terlihat cukup banyak dilokasi itu. Selain menimbulkan bau tidak sedap alias busuk, tentu keberadaan sampah liar ini dapat merusak pemandangan dan juga dapat menimbulkan penyakit.

Pantauan wartawan harianokus.com, Rabu (16/8/2022), hampir sepanjang glagar jembatan baik glagar  sisi kiri kanan jembatan terlihat dipenuhi oleh berbagai sampah sisa rumah tangga.

Kondisi ini tentu saja sangat memprihantinkan, sebab infrastruktur jembatan yang dibangun untuk digunakan oleh masyarakat umum tersebut, disalahgunakan sebagai tempat pembuangan sampah.

Perasaan prihatin ini salah satunya seperti yang diungapkan Andi, salah satu warga yang kerap melintas di jembatan Komering Satu Kota Muaradua. Dirinya mengaku merasa sedih serta prihatin dengan banyaknya sampah liar yang di duga sengaja di buang oknum warga di atas glagar jembatan Komering 1 tersebut.

"Ini sangat miris. Apakah tidak ada tempat lain lagi untuk membuang sampah. Mengapa harus dijembatan,” ujarnya prihatin.

Dikatakannya dampak dari pembuangan sampah sembarang di glagar jembatan tersebut selain akan menimbulkan bau tidak sedap, pastinya kondisi dilokasi jembatan Komering 1 akan menjadi buruk atau tak enak dipandang, sebab jembatan bukanlah tempat pembuangan sampah sisa rumah tangga.

Hal senada juga diutarakan, Lion, pelintas lainnya. Selain sangat menyayangkan atas kondisi ini, menurutnya Kawasan Kota Muaradua selayaknya harus bebas dari keberadaan sampah liar.

Apalagi jika dibuang di atas jembatan Komering 1, hal itu ucapnya, termasuk merusak lingkungan karena jembatan tersebut berada di pusat kota.

“Semoga saja pihak terkait dalam hal ini Dinas kebersihan dapat segera bertindak dan keberadaan sampah liar di atas jembatan Komering 1 bisa dibersihkan, sekaligus memasang himbauan larangan membuang sampah secara sembarangan dilokasi tersebut," tuturnya. (DK)

Sumber: