Pemdes dan Karang Taruna Desa Damarpura Gelar Lomba Pisaan

Pemdes dan Karang Taruna Desa Damarpura Gelar Lomba Pisaan

Foto: Lomba Pisaan Atau Prosesi Penerangan Adok Adat Istiadat Suku Komering yang digelar Pemdes dan pengurus Karang Taruna Desa Damarpura, Kecamatan Buana Pemaca, Rabu (16/8/2022) malam.--

BUANA PEMACA - Pemerintah Desa beserta pengurus Karang Taruna Desa Damarpura, Kecamatan Buana Pemaca, mengadakan berbagai lomba guna menyemarakan Hari Ulang Tahun (HUT) RI Ke 77 Tahun 2022.

Satu yang cukup unik serta menarik diantara berbagai lomba yang diadakan oleh Pemerintah Desa beserta Karang Taruna setempat yaitu Lomba Pisaan atau prosesi penerangan serta pemberian Adok atau gelar yang biasanya dilaksanakan dalam sebuah acara resepsi pernikahan atau khitanan bagi terutamanya masyarakat Suku Komering.

Lomba pisaan dalam rangka menyamarakan HUT RI ke 77 Tahun oleh Pemerintah desa melalui Panitia HUT RI Desa Damarpura ini berlangsung, Rabu (16/8/2022) malam.

Parlin, selaku Ketua Panitia HUT RI ke 77 Desa Damarpura, menuturkan lomba Pisaan atau penerangan adok/Gelar yang dilaksanakan oleh panitia HUT RI Desa Damarpura tahun ini selain bertujuan untuk menyemarakan HUT RI ke 77, juga untuk melestarian adat Istiadat berupa pisaan khususnya di wilayah Desa Damarpura.

Dituturkan oleh dirinya, selain peserta yang berpartisipasi dalam lomba pisaan mencapai puluhan pasang, baik ibu-ibu maupun bapak-bapak, para dewan juri  yang  didatangkan oleh panitia acara untuk melakukan penilaian lomba juga merupakan langsung tokoh tokoh adat Desa Damarpura.

"Lomba pisaan ini juga sekaligus untuk mencari bibit-bibit generasi penerus pelestarian adat istiadat pisaan di Desa Damarpura," tutur Parlin.

Lola, salah satu warga Desa Damarpura sangat mengapresiasi apa yang dilaksanakan oleh panitia HUT RI yang ada di Desanya.

“Lomba pisaan malam ini sangat bagus untuk melestarikan adat istiadat selain menyemarakan HUT RI," ucapnya.

Sementara itu dari pantauan wartawan harianokus.com saat  hadir meliput kegiatan tersebut tampak ratusan masyarakat Damarpura serta dari luar Desa terlihat ramai menyaksaksikan lomba Pisaan HUT RI dan antusias warga cukup tinggi menonton lomba pisaan HUT RI ke 77 yang berlangsung di Desa Damarpura tersebut. (DK)

Sumber: