Bentuk Kampung Tangguh, Cegah Peredaran Narkoba

Bentuk Kampung Tangguh, Cegah Peredaran Narkoba

Peresmian Kampung Tangguh Bersih Narkoba yang dipusatkan Kelurahan Pasar Muaradua, Minggu (4/9/2022).--

MUARADUA - Guna mencegah generasi muda dari pengaruh buruk narkoba yang dapat berdampak terhadap keamanan dan ketertiban lingkungan khususnya di Kecamatan Muaradua, Pemerintah Kecamatan Muaradua bekerjasama dengan Polsek Muaradua yang juga didukung Polres OKU Selatan membentuk titik-titik pencegahan dini berdasarkan hasil pemetaan dari pihak Kepolisian. 

Salah satunya, langkah itu sendiri dengan peresmian Kampung Tangguh Bersih Narkoba yang dipusatkan Kelurahan Pasar Muaradua.

Pemerintah kabypaten OKU Selatan, Camat Muaradua, Evan Kurniawan, SE menyampaikan apresiasinya lantaran telah terbentuknya kampung tangguh bebas narkoba tersebut.

"Pencegahan ini merupakan tanggungjawab kita bersama seluruh stakeholder yang ada di Kelurahan ini, khususnya dan Kecamatan Muaradua umumnya," ujar Evan Kurniawan, saat dikonfirmasi, Minggu (4/9/2022).

Maka dari itu, dirinya berharap jangan sampai ada keluarga yang terpapar narkoba. Dengan adanya kampung tangguh bersih narkoba ini juga diharapkan bisa menjadi sarana berbagi informasi bagi masyarakat untuk pencegahan dini dan melindungi keluarga dari ancaman narkoba.

Karena, jelasnya,, kegiatan ini juga sejalan dengan Peraturan Daerah nomor 2 tahun 2021 Kabupaten OKU Selatan tentang Fasilitasi Pencegahan dan  Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN).

"Peresmian Kampung Tangguh dan Bersih Narkoba ini dihadiri oleh Anggota Sat Narkoba Polres OKU Selatan, Kapolsek Muaradua, Lurah Pasar Muaradua, Kepala Lingkungan, Tokoh Agama, tokoh Adat,  TP PKK Kelurahan, perwakilan Guru sekolah, Karang Taruna dan perwakilan pelajar," jelasnya.

Selain di Kelurahan Pasar Muaradua, lanjutnya, Kampung tangguh Bersih Narkoba juga didirikan di Kelurahan Pancur Pungah yang peresmiannya dilaksanakan pada hari Kamis 1 september 2022 dan Kelurahan Bumi Agung yang peresmiannya dilaksanakan pada hari Jum'at 2 September 2022 lalu.

"Kita semua sudah komitmen kerjasama dengan Kepolisian berusaha untuk membasmi narkoba tersebut, karena kita sadar bahwa pengaruh dari narkoba itu sendiri sangat banyak dampak negatifnya," tegasnya. (dal)

Sumber: