700 Siswa Siswi Ikuti Gosok Gigi Masal

700 Siswa Siswi Ikuti Gosok Gigi Masal

Siswa Siswi saat mengikuti Gosok Gigi Masal yang digelar di halaman SDN 03 Muaradua.--

MUARADUA - Dalam rangka memperingati Hari Gigi Nasional, Unit Pelaksana Tehnis Daerah (UPTD) Puskesmas Kecamatan Muaradua, menggelar sosialisasi kesehatan dan gosok gigi masal di halaman Sekolah Dasar Negeri (SDN-03) Muaradua.

Pelaksanaan sosialisasi serta gosok gigi masal itu sendiri diselenggarakan Puskesmas Muaradua serta team dokter gigi dan Dinas Kesehatan yang melibatkan 700 siswa.

Kepala UPTD Puskesmas Muaradua, Aryuni Astuti, SKM, mengatakan bahwa dalam rangka memperingati hari kesehatan gigi nasional dan HUT PTGMI Ke-25, team kesehatan menggelar kegiatan sosialisasi dan gosok gigi masal di halaman Sekolah Dasar Negeri 03 Muaradua.

"Pelaksanaan kegiatan sosialisasi kesehatan gigi dan gosok gigi bersama di halaman sekolah ini karena memang kegiatan ini diselenggarakan secara serentak yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan se Nasional," ujarnya, Rabu (14/9).

Adapun tujuan dari acara ini, jelasnya, agar anak-anak terhindar dari karies. Selain sikat gigi masal diikuti ribuan siswa, tahun ini juga di isi dengan kegiatan penyuluhan kesehatan gigi.

”Total ada 700 peserta yang mengikuti sikat gigi masal. Mereka semua selaku siswa-siswa SDN 03 Muarauda, karena memang sebelum pelaksanaan sudah koordinasi dengan pihak sekolah," ucapnya.

Dikatakannya, dalam kegiatan tersebut, anak-anak diajarkan bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar. Menurutnya, dengan menyikat gigi secara rutin maka kesehatan gigi dapat terjaga. Sehingga, penyakit pada gigi terutama karies dapat dicegah.

”Dengan kegiatan ini, diharapkan tujuan kita pada Indonesia bebas karies pada 2030 dapat terwujud,” pungkasnya.

Sementara itu, Umi Kalsum, S.Pd selaku Kepala Sekolah Dasar Negeri 03 Muaradua mengatakan bahwa dalam kegiatan tersebut pihaknya hanya sebatas menjadi tuan rumah.

"Sebelum pelaksanaan memang pihak Puskesmas melakukan koordinasi dengan kami, menanyakan jumlah siswa mencapai 700 atau tidak. Kalau jumlah siswa kita memang cukup 700 lalu mereka meminta kegiatan itu untuk dilaksanakan disini," ucapnya.

Pada dasarnya, jelas Umi Kalsum, S.Pd, SDN 03 tidak keberatan asalkan dengan izin dari Dinas Pendidikan, karena memang kegiatan itu sangat bagus.

"Alhamdulillah terlaksana dengan lancar dan sukses. Tentu kami merasa senang atas terpilihnya di SDN 03 ini, karena memberikan manfaat bagi siswa," tandasnya. (dal)

Sumber: