Tekan Inflasi, Tim Pengendali Inflasi Daerah Kabupaten OKU Selatan Belajar ke Kabupaten Malang

Tekan Inflasi, Tim Pengendali Inflasi Daerah Kabupaten OKU Selatan Belajar ke Kabupaten Malang

TIM TPID Kabupaten OKU Selatan Belajar tekan Inflasi ke Kabupaten Malang --

HARIANOKUS.COM- Inflasi merupakan masalah serius yang harus menjadi perhatian dan penanganan oleh Pemerintah Daerah. Nah sebagai upaya  untuk menekan lajunya inflasi di daerah Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten OKU Selatan melakukan study ke Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

 

Kegiatan Cap Capacity Building di Kabupaten Malang  itu dilaksanakan dari 07 Februari sampai 8 Februari 2023.

 

Dipilihnya Kabupaten Malang sebagai lokasi Capacity Building TPID Kabupaten OKU Selatan, karena Kabupaten Malang telah berhasil membina KWT (Kelompok Wanita Tani) terbaik No 2 di Provinsi Jawa Timur pada tahun 2019.

 

Capacity Building sendiri merupakan salah satu kriteria pengukuran komponen koordinasi yang tercantum dalam Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

 

Kegiatan Capacity Building TPID Kabupaten OKU Selatan diketuai langsung Kepala Bagian Perekonomian dan SDM Setda Kabupaten OKU Selatan Permadi Haikal, S Sos,MM.

 

Tujuan dari Capacity Building guna meningkatkan kinerja dalam upaya menekan inflasi daerah. Turut dalam kegiatan itu  beberapa perwakilan dari beberapa stakeholder diantaranya Dinas Komunikasi dan Informatika diwakili Kepala Bidang Komunikasi Publik Zakiah SE MM dan Dinas Ketahanan Pangan yang diikuti Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan M Aidil Fitrianto,SKM M Kes.

 

 

 

Wakil Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo  B. Com, Kabag Perekonomian Setda OKU Selatan Permadi Haikal menyampaikan melalui kegiatan Capacity Building ini berharap Tim TPID Kabupaten  Malang dapat bertukar pikiran dan ide kepada Tim TPID Kabupaten OKU Selatan.

 

“Tentunya  bagaimana menekan angka inflasi serta upaya pengendaliannya, dan kegiatan yang dapat mendukung pertumbuhan perekonomian bagi Kabupaten OKU Selatan,”ujarnya.

 

Tidak hanya bertukar pikiran dan ide, Tim TPID Kabupaten OKU Selatan juga banyak belajar dari TPID Kabupaten Malang,   sebagai upaya menekan inflasi.  Salah Satu diantaranya yakni Program Pasar Murah “SULING SMART” (Subuh Keliling Sembako Murah Harga Terjangkau).

 

Program Pasar Murah yang digalakkan Pemerintah Kabupaten Malang ini dilaksanakan setiap hari Minggu setelah Shalat Subuh dananya sendiri bersumber dari CSR Perusahan-perusahaan yang ada di Kota Malang.

 

Pasar murah itu menyediakan berbagai kebutuhan pokok seperti, Beras, Minyak Goreng, Gula Pasir, dan Sayuran segar. “Kita banyak belajar dari cara Pemkab Malang ini menekan angka inflasi tetap stabil, mudah-mudahan ini bisa diterapkan di OKU Selatan,”ujar Haikal.

 

Tim TPID Kabupaten OKU Selatan usai kegiatan Capacity Building  di pemkab Malang juga melakukan visit ke KWT Sri Rejeki Desa Beringin Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. (**)

Sumber: