5 Bantuan Ini Cair Bulan Juni 2023 sesuai Instruksi Presiden, Yuk Cek

5 Bantuan Ini Cair Bulan Juni 2023 sesuai Instruksi Presiden, Yuk Cek

Penyakuran Bansos melalui Bank--




HARIANOKUS.COM- Bantun Langsung pemerintah akan kembali di salurkn dipertengan bulan Juni ini, apa saja bantuan tersebut, berikut:


Pertama adalah bantuan PKH tahap 2 dan ke-3 gelombang 8 sampai13. Untuk penyalurannya akan dilakukan melalui Kantor Pos Indonesia dan PKH tahap 2 termin ke-3 gelombang 6 7 8, 9, 11 12 dan 13 yang penyalurannya melalui kartu KKS dan bank penyalur nya.


Sementara Bank penyalur yakni Bank BRI dan Mandiri dan untuk bank yang lainnya itu menyusul secara bertahap.


Kemudian bantuan yang nomor dua adalah bantuan bpnt. Alokasi bulan mei-juni 2023 namun untuk bpnt alokasi dana yang ada KKS Sampai saat ini pun belum ada tanda atau surat resmi turun dari pusat soal pencairan bpnt. 


Mei Juni diharapkan bagi KPM untuk bersabar tunggu saja atau bisa di cek di aplikasi cekbansos.kemensos.go.id apakah sudah ada perubahan atau belum.


Sebab jika sudah berubah pun belum tentu langsung ada saldo, KPM masih harus menunggu beberapa hari untuk proses pentransferan ke KKS.


Kemudian bantuan yang nomor 3 adalah bantuan pangan beras 10 kg tahap 3.


Bantuan pangan beras 10 kg tahap 3 ini kan menjadi tahap yang terakhir pasalnya dari beberapa informasi mengatakan bahwa bantuan pangan beras 10 kg ini hanya sampai tahap 3 saja.


Bulan Juni ini adalah yang terakhir dan pada tanggal 29 Mei 2023 kemarin sudah turun surat perintah penyaluran bantuan pangan beras 10 kg tahap ketiga.


Penyaluran akan berakhir hingga pertengahan bulan Juni mendatang secara merata ke seluruh daerah. KPM tinggal menunggu jadwal yang ditentukan pihak daerahnya masing-masing karena setiap daerah tentu berbeda jadwal penyalurannya.


Kemudian bantuan yang ke-4 adalah bantuan pangan daging ayam 1 kg dan telur ayam 2 butir. 


Bantuan ini diperuntukkan bagi KPM PKH yang memiliki balita rawan stanting. Bagi KPM ini memiliki kesempatan mendapatkan bantuan pangan berupa 1 karpet atau 10 butir telur serta daging ayam 1 kg.


Tapi perlu diingat dan dipahami bahwa tidak semua KPM PKH yang punya balita mendapatkannya. Bantuan ini hanya KPM PKH yang memiliki balita rentan stunting dan tercatat di data BKKBN.


Bantuan yang terakhir ataupun bantuan yang lemah adalah atau PIP tahap 1 sampai tahap 13 tahun tiga untuk PIP tahun 2023 ini dari kuota 17,4 juta siswa penerima dari SD SMP SMA atau SMK Indonesia mulai tanggal 1 April 2023.


Berdasarkan data masih ada sekitar 6.219.281 siswa penerima yang belum tersalurkan maka dari itu pemerintah kembali melanjutkan penyalurannya mulai bulan Mei kemarin sesuai data siswa penerima.


Jumlah penerima yang sudah di SK kan utuk PIP tahun anggaran 2023 ini hasil dari pemadanan data di TKS data Dapodik serta data penetasan kemiskinan.


Jadi bagi siapapun yang kemarin belum disalurkan masih ada kesempatan cair sesuai SK dan pemadanan data.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan di kesempatan kali ini terkait dengan 5 jenis bantuan yang disalurkan di bulan Juni 2023 ini, semoga bermanfaat. (**)


Sumber: