Waw, Wakil Sumut di IMMB 2023 Luncurkan Aplikasi TUDARA untuk Atasi Diskriminasi di Sekolah

Waw, Wakil Sumut di IMMB 2023 Luncurkan Aplikasi TUDARA untuk Atasi Diskriminasi di Sekolah

Siswi kelas XII Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan, Fatimah Muharrami terpilih menjadi wakil Sumatera Utara (Sumut) pada Inisiator Muda Moderasi Beragama (IMMB) 2023 tingkat nasional.--

Waw, Wakil Sumut di IMMB 2023 Luncurkan Aplikasi TUDARA untuk Atasi Diskriminasi di Sekolah

HARIANOKUS.COM-MEDAN-Fatimah Muharrami, siswi kelas XII Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan, telah ditetapkan sebagai wakil Sumatera Utara (Sumut) dalam ajang Inisiator Muda Moderasi Beragama (IMMB) 2023 tingkat nasional. 

Fatimah memperkenalkan aplikasi TTUDARA, yang merupakan singkatan dari "Bersatu Dalam Nusantara", sebagai inisiatifnya dalam ajang tersebut.

IMMB, yang diadakan tahunan dan diikuti oleh lebih dari 600 pelajar se-Indonesia, telah menyaring 40 pelajar terbaik dari berbagai provinsi untuk berkompetisi di tingkat nasional. 

Fatimah, sebagai wakil dari Sumut, mengusung aplikasi TUDARA sebagai upayanya mendukung moderasi beragama di kalangan pelajar.

Aplikasi tersebut dikembangkan sebagai media bagi pelajar untuk saling berbagi tentang permasalahan diskriminasi yang dialami di lingkungan sekolah. 

BACA JUGA:Kemenag Sosialisasikan Kampung Moderasi Beragama

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur diskusi, informasi, aktivitas, serta aduan bagi pengguna.

Mengenai inspirasi pembuatan aplikasi, Fatimah berbagi, "Saya sering merasa terdiskriminasi saat SMP, terutama berkaitan dengan perbedaan agama.

BACA JUGA:Kementerian Agama OKU Selatan Memberikan Penghargaan kepada Siswa yang Maju dalam Kompetisi Sains Madrasah Tin

Hal ini seringkali membuat saya kehilangan kepercayaan diri. Oleh karena itu, saya ingin menciptakan sebuah wadah bagi teman-teman yang mengalami hal serupa," tambahnya.

Dengan bantuan tim dari komunitas, Fatimah berharap aplikasi TUDARA dapat menjadi solusi bagi pelajar yang merasa terdiskriminasi, memberikan mereka kesempatan untuk berbicara dan mendapatkan dukungan.

Aplikasi ini nantinya akan diuji coba pertama kali di sekolahnya, namun Fatimah berambisi agar aplikasi ini dapat digunakan di sekolah lainnya.

BACA JUGA:Yayasan Pengeran Mangku Yudha Madrasah 'Aliyah Blambangan Lepas Siswa dan Bagi Raport

Sumber: