Ajak Warga Budidayakan Tanaman Pangan di Pekarangan Rumah

Ajak Warga Budidayakan Tanaman Pangan di Pekarangan Rumah

Plt. Kaadin Ketpang mencontohkan budidaya sayur-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Dalam upaya untuk meningkatkan kemandirian pangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan, melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketpang), mengajak warga untuk memulai budidaya tanaman pangan seperti rempah-rempah di pekarangan rumah masing-masing.

 

Pernyataan ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Nidi Firdaus, S. Pd, pada hari Minggu (17/9), saat dikonfirmasi.

BACA JUGA:DPW Gelora Sumsel Konsolidasi dengan OKU Selatan untuk Pileg dan Pilpres 2024-2029

Nidi Firdaus mengatakan bahwa inisiatif ini bertujuan untuk mempromosikan gaya hidup yang sehat dan mengurangi ketergantungan pada makanan instan. Pemkab OKU Selatan mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan pekarangan rumah mereka untuk bercocok tanam, terutama dengan menanam sayuran.

 

"Pekarangan rumah dapat dimanfaatkan untuk menanam sayuran seperti kacang, cabai, dan berbagai jenis sayuran lainnya. Jika pekarangan tidak tersedia, pot-pot kecil pun dapat digunakan," ujarnya.

 

Menurutnya, budidaya sayuran di pekarangan rumah memiliki banyak manfaat, termasuk menghasilkan sayuran berkualitas tinggi yang tidak perlu dibeli dengan harga tinggi di pasar.

BACA JUGA:Tim Putri Cabor Hockey OKU Selatan Melaju ke Final Porprov Sumsel XIV

"Ini adalah langkah sederhana yang dapat diambil oleh setiap individu, seperti menanam dua batang cabai, beberapa rumpun kacang panjang, daun bawang, dan sejenisnya. Dengan begitu, kita dapat memiliki sayuran yang sehat dan berkualitas," jelas Nidi.

 

Selain itu, budidaya tanaman pangan seperti ini juga berkontribusi pada pola hidup sehat. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, kita dapat menjaga kesehatan jiwa dan tubuh.

 

Sumber: