Delapan Titik Karhutla di Sumsel Telah Berhasil Dipadamkan

Delapan Titik Karhutla di Sumsel Telah Berhasil Dipadamkan

Kebakaran Hutan di wilayah Sumatera Selatan.-Foto: dok HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terus berupaya keras dalam memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera Selatan. 

 

Hingga saat ini, Manggala Agni aktif terlibat dalam operasi pemadaman di tujuh belas lokasi yang tersebar di Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Banyuasin, Ogan Ilir, dan Muara Enim.

 

Thomas Nifinluri, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, mengungkapkan bahwa hingga saat ini telah terjadi 44 titik karhutla di Sumatera Selatan. 

 

Delapan titik di antaranya telah berhasil dipadamkan, sementara upaya pemadaman terus dilakukan untuk lokasi lainnya melalui operasi darat dan water bombing.

 

"Kejadian karhutla paling banyak terjadi di OKI dengan 25 titik (2 berhasil dipadamkan), Musi Banyuasin dengan 5 titik (2 berhasil dipadamkan), Ogan Ilir dengan 3 titik, Banyuasin dengan 6 titik (3 berhasil dipadamkan), Muara Enim dengan 2 titik (1 berhasil dipadamkan)," ujar Thomas.

 

"Ogan Komering Ulu dengan 2 titik, dan Penukal Abab Lematang Ilir dengan 1 titik. Manggala Agni dan Satgas Pengendalian Karhutla Sumatera Selatan akan terus berupaya mengatasi masalah ini," tambahnya.

 

Selain pemadaman darat, Thomas menjelaskan bahwa pengendalian karhutla juga dilakukan melalui upaya udara, termasuk water bombing dan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). 

 

Sumber: