Bahaya, Kobaran Api Hampir Merayap ke Kantor Bupati OKU Selatan

Bahaya, Kobaran Api Hampir Merayap ke Kantor Bupati OKU Selatan

Kobaran api diseputaran Kantor Bupati OKU Selatan Muaradua, Jumat (27/10), sekira Pukul 12.53 Wib.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Kobaran api diseputaran Kantor Bupati OKU Selatan kembali meluluh lantahkan belukar ditalang Bia-Bia, Desa Pelangki, Kecamatan Muaradua, Jumat (27/10), sekira Pukul 12.53 Wib.

Beruntung, Api itu sendiri tak sempat merayap ke rumah warga sekitar dan Kantor Bupati OKU Selatan lantaran kurang lebih 3 jam proses pemadaman api berhasil dipadamkan oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan TNI.

Plt. Kepala Dinas Pemadam Kebaran OKU Selatan Wily Agus, ST., M.M., MT saat dibingcangi mengatakan bahwa lahan terbakar ini kurang lebih seluas 3 Hektar.

BACA JUGA:Kebakaran Lahan Semak Belukar Di Dekat Gerbang Pemkab OKU Selatan Dipadamkan

"Untuk asal api sementara ini belum diketahui, karena rumput ilalang sehingga api cepat merambah, namun tidak ada korban jiwa serta rumah," terangnya.

Untuk pemadaman ini sendiri dilakukan oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), BPBD dan TNI dengan mengerahkan 2 unit Mobil Dampar, 1 unit mobil BPBD 1, dan 1 unit mobil Dinas Perkim.

"Kalau api relatif terkendali, karena api sudah berhasil dipadamkan, hanya saja menunggu pendinginan lokasi dan masih banyak asap," cetusnya.

Masih kata dia, untuk kendala pemadaman, sejauh ini proses pemadaman tidak ada kendala.

BACA JUGA:Padamkan Kebakaran Lahan belukar di Desa Karang Agung

“Hanya saja pada saat pengbilan air mobil Damkar mengalami kesulitan untuk memanjat karena kendaraan usia sehingga tidak kuat menanjak," bebernya.

Lanjutnya karena kondisi masih panas, membuat api cepat merambat sehingga luas lahan kurang lebih 3 Hektar dengan mudah api melalap area.

"Rumput ilalang, kondisi panas, cepat api merambat lokasi, tapi semua bisa diatasi karena memang cepat diketahui sehingga dengan gerak cepat tim turun ke lokasi," tandas Wily Agus. (Dal)

 

Sumber: