Langkah Menuju Pembangunan Berkelanjutan, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan Mulai Susun RPJPD/RPJMD

Langkah Menuju Pembangunan Berkelanjutan, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan Mulai Susun RPJPD/RPJMD

Rapat via Zoom Meeting terkait Kick Off KLHS RPJPD/RPJMD Kabupaten OKU Selatan, diruang Vidcon Kominfo.-foto: Diskominfo OKUS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Dalam upaya untuk melakukan analisis yang sistematis, menyeluruh, dan partisipatif, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan mengadakan Rapat Kick Off KLHS RPJPD/RPJMD Kabupaten OKU Selatan melalui Zoom Meeting, yang berlangsung di ruang Vidcon Kominfo pada Jumat, 27 Oktober.

Pada rapat ini, Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, B. Commerce, diwakilkan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda OKU Selatan, Amroelian Toni, S.STP., M.M. Turut hadir pula sejumlah pihak, seperti Kadin LH, Kadin PUPR, Kepala Bappeda Litbang, Kadin Perkim, Kadin PMPTSP, Kadin Kominfo, Kalaksa BPBD, Kepala BPN, dan Kabag Hukum.

BACA JUGA:Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-95, Pemda OKU Selatan Gelar Berbagai Kegiatan

Amroelian Toni, S.STP., M.M., yang merupakan Staf Ahli Bupati, menjelaskan bahwa saat ini Pemkab OKU Selatan sedang merancang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan akan menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Inisiatif ini didasari oleh sejumlah peraturan perundang-undangan, Peraturan Pemerintah, dan regulasi lainnya.

"Langkah ini bertujuan untuk menjalankan analisis yang sistematis, menyeluruh, dan partisipatif, sehingga prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dapat menjadi dasar yang terintegrasi dalam pembangunan Kabupaten OKU Selatan," katanya.

BACA JUGA:Heru Prayogo Memperjuangkan Isu Gajah Liar OKUS Di Dalam Rapat DPRD Provinsi Sumsel

Kegiatan ini juga diharapkan dapat memastikan bahwa prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan menjadi landasan dalam penyusunan RPJPD/RPJMD Kabupaten OKU Selatan.

Proses penyusunan RPJPD/RPJMD melibatkan sejumlah tahap, mulai dari pembentukan Tim Pembuatan KLHS RPJPD/RPJMD, pengkajian pembangunan berkelanjutan, perumusan skenario pembangunan berkelanjutan, hingga penjaminan kualitas, pendokumentasian, dan validasi KLHS RPJPD/RPJMD.

Selama rapat ini, konsultan juga memberikan kontribusi secara virtual dan dibahas berbagai aspek teknis dalam penyusunan KLHS RPJPD/RPJMD Kabupaten OKU Selatan. (Dal)

Sumber: