Lionel Messi Memenangkan Ballon d'Or 2023 Sekaligus Mencetak Sejumlah Rekor Baru

Lionel Messi Memenangkan Ballon d'Or 2023 Sekaligus Mencetak Sejumlah Rekor Baru

La Pulga meraih Ballon d'Or 2023.-foto: IST-

HARIANOKUS.COM - Penganugerahan Ballon d'Or 2023 diadakan di Theatre du Chatelet, Paris, Selasa (31/10/2023) dini hari WIB. Lionel Messi berhasil memenangkan penghargaan prestisius ini, mengukir sejumlah rekor baru di dunia sepak bola.

Messi, yang dikenal dengan julukan La Pulga, berhasil mengungguli pesaing terdekatnya, seperti Erling Haaland dan Kylian Mbappe. Inilah beberapa rekor yang tercipta menyusul kemenangan Messi dalam Ballon d'Or 2023:

1. Pemain dengan Gelar Ballon d'Or Terbanyak: Lionel Messi meraih penghargaan Ballon d'Or yang merupakan yang kedelapan dalam karirnya. Rekor ini memperkuat posisinya sebagai pemain dengan jumlah Ballon d'Or terbanyak.

BACA JUGA:Catat Sejarah Baru, Ini 7 Rekor Messi Yang Dipecahkan di Piala Dunia

Jumlah prestasi ini melampaui rekan sejawatnya, Cristiano Ronaldo, yang hanya mampu meraih lima trofi sepanjang kariernya.

2. Menang Ballon d'Or dengan Tiga Klub Berbeda: Messi menjadi pemain pertama yang memenangkan Ballon d'Or dengan Tiga Klub Berbeda.

Saat penganugerahan Ballon d'Or 2023, Messi sudah membela tiga klub yang berbeda, yaitu Barcelona (2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019), Paris Saint-Germain (2021), dan Inter Miami (2023).

3. Pemain Pertama di Luar Kompetisi Eropa yang Menang Ballon d'Or: Lionel Messi juga mencetak sejarah sebagai pemain pertama di luar kompetisi Eropa yang memenangkan Ballon d'Or.

BACA JUGA: Liga Arab Saudi Bersinar dengan Kedatangan Cristiano Ronaldo dan Bintang-Bintang Top

Meski saat ini bermain untuk Inter Miami yang berlaga di Major League Soccer (MLS) di Amerika Serikat, Messi berhasil mengukuhkan dirinya sebagai yang terbaik di dunia dalam kompetisi di luar Benua Biru.

Kemenangan Messi dalam Ballon d'Or 2023 menjadi momen bersejarah dalam karirnya dan memberikan pengakuan atas kontribusi briliannya dalam dunia sepak bola. (*)

 

Sumber: