Kemenag OKU Selatan Minta Pesantren Tetap Eksis

Kemenag OKU Selatan Minta Pesantren Tetap Eksis

Pesantren di OKU Selatan.--

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Kementrian Agama (Kemenag) OKU Selatan meminta kepada seluruh Pengelolal Pondok Pesantren (Ponpes) agar tetap menjaga eksistensi serta terus mengedepankan kualitas dan kuantitas pendidikan terutama bidang agama.

Hal itu, sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU Selatan H. Karep, S. Pd., M.M, saat Monitoring di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Kec.Sungai Are, Selasa (7/11).

Lantaran, ia menilai begitu strategis dan pentingnya eksistensi pondok pesantren dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat saat ini.

Sebab menurutnya, Pondok Pesantren telah terbukti memainkan peran sekaligus memberikan kontribusi penting dalam mencerdaskan kehidupan umat Islam, lembaga yang menjaga dan menyiapkan santrinya kuat iman dan akhlaknya terutama di Kabupaten OKU Selatan.

BACA JUGA:Upacara Serah Terima Jabatan, Transformasi Kepemimpinan di Polres OKU Selatan

Dikatakannya, Pesantren merupakan lembaga sekaligus sistem pendidikan tertua di Indonesia, bahkan pesantren merupakan lembaga yang mempunyai andil merebut kemerdekaan RI.

"Pondok Pesantren merupakan lembaga tersebut secara empiris telah terbukti dan ikut serta mencerdaskan anak bangsa dan memiliki peran vital dan strategis dalam menyesukseskan pembangunan nasional," bebernya.

Ia menceritakan, bahwa sejarah mencatat bahwa pondok pesantren memiliki peran vital dan strategis dalam menyesukseskan pembangunan nasional.

“Bukan hanya itu, dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaanpun, madrasah dan pondok pesantren, melalui kyai dan santrinya memegang andil yang sangat besar,” ujarnya.

BACA JUGA:Kuyang dan Ritual Ilmu Hitam: Kisah Mengerikan dalam Budaya Kalimantan

"Masih seringnya kita dengar bahwa lulusan pondok pesantren dianggap kurang memiliki kompetensi bila dibandingkan dengan lulusan sekolah formal," terangnya.

Hal itu lumrah, karena kurangnya pengetahuan dan informasi dari masyarakat bahwa lulusan pondok pesantren salafiyah justru mempunyai nilai plus yang lebih daripada sekolah formal pada umumnya.

“Sebagai lembaga tafaqquh fiddin pondok pesantren selalu  berusaha menyajikan pendidikan karakter dan akhlaq kepada santrinya, sehingga kontribusi pondok pesantren tidak bisa di lihat sebelah mata,” tandasnya. (Dal)

 

Sumber: