BSI Dorong Literasi dan Ekonomi Syariah Jalur Ekosistem Pesantren

BSI Dorong Literasi dan Ekonomi Syariah Jalur Ekosistem Pesantren

--

HARIANOKUS.COM - PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) menjalin kemitraan strategis dengan YLPI Dayah Mahyal Ulum Al-Aziziyah di Aceh. Kolaborasi ini bertujuan untuk memperkuat layanan perbankan syariah dalam ekosistem pesantren.

 

Dalam lingkup bisnis, BSI akan memfasilitasi payroll SPP santri dan mendukung operasional pesantren melalui berbagai fasilitas perbankan yang disediakan. Selain itu, BSI juga memberikan bantuan senilai Rp500 juta untuk peningkatan fasilitas pendidikan dan pembelajaran bagi para santri.

 

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan bahwa kolaborasi ini merupakan bentuk dukungan dan komitmen BSI terhadap perkembangan ekosistem pesantren, termasuk sumber daya manusianya. 

BACA JUGA:Weton Jawa, Petunjuk Nasib dari Lima Elemen!

Dengan menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang representatif, BSI berharap pesantren dapat menjadi pusat literasi dan pengembangan ekonomi bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarnya.

 

BSI juga terus berupaya meningkatkan peran dan kontribusinya dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, termasuk mendukung ekonomi berbasis pesantren. 

 

Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi ekosistem Islami yang sangat besar.

 

Data hasil pemetaan Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kementerian Agama tahun 2020 & 2021 menunjukkan bahwa dari 11.868 pondok pesantren yang diteliti, sebagian besar sudah mempunyai bisnis atau usaha yang diolah sendiri.

 

Sumber: