Gelar Lomba Mendongeng Jenjang SMP Tingkat Kabupaten OKU Selatan Tahun 2023

Gelar Lomba Mendongeng Jenjang SMP Tingkat Kabupaten OKU Selatan Tahun 2023

Lomba Mendongeng Jenjang SMP Tingkat Kabupaten OKU Selatan Tahun 2023.--

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Dalam rangka memperkuat pendidikan di lingkungan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Kabupaten OKU Selatan menggelar Lomba Mendongeng tingkat kabupaten untuk tahun 2023.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah penyaluran bakat dan minat siswa, tidak hanya meningkatkan aspek akademik, tetapi juga mengembangkan karakter dan kreativitas.

Pentingnya melibatkan siswa dalam kegiatan non-akademis seperti lomba mendongeng ini merupakan bagian dari upaya sistem pendidikan untuk memberikan pengalaman belajar yang holistik sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan siswa.

Lomba mendongeng ini bukan hanya sebagai ajang kompetisi semata, tetapi lebih pada esensi nilai pendidikan yang menjadikan pengalaman belajar sebagai landasan utama.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Dinas Pendidikan OKU Selatan, Reza Pahlevi, S.Pd., M.Pd, mewakili Kadin Pendidikan menyebutkan bahwa kegiatan ini di ikuti oleh 27 SMP yang ada di OKU Selatan.

Adapun tujuan dari kegiatan ini yakni untuk meningkatkan kecerdasan melalui kreativitas siswa.

"Kami ingin mengajak siswa untuk tidak hanya fokus pada lomba, tetapi juga melihat nilai pendidikan di balik setiap pengalaman belajar. Lomba mendongeng ini menjadi bagian dari pembelajaran olah pikir, olah hati, dan olah rasa siswa, sejalan dengan pengembangan Pendidikan karakter yang bertujuan membentuk generasi emas Indonesia tahun 2045," ujarnya.

Pihak penyelenggara dan instansi pendidikan setempat menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini dan melihatnya sebagai momen penting bagi anak-anak untuk berkreasi, berinovasi, berprestasi, dan berkompetisi secara sehat.

Hal ini juga diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, mematuhi aturan, menjunjung nilai-nilai sportivitas, dan sekaligus menjadi ajang penumbuhkembangkan karakter.

"Para peserta, berlombalah dengan semangat dan sportifitas untuk menunjukkan prestasi terbaik. Ini bukan hanya tentang kemenangan, tetapi juga tentang proses pembelajaran dan pengalaman berharga yang akan membentuk kualitas diri kalian," tambahnya.

Dalam sambutannya, Reza Pahlevi, S.Pd., M.Pd juga memberikan pesan kepada tim juri agar memimpin setiap perlombaan secara profesional, objektif, dan menjunjung tinggi norma serta kehormatan juri.

Ia juga menghimbau seluruh panitia, tim juri, dan peserta untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban demi suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini.

Dikatakannya semangat persaudaraan dan persatuan antar peserta lomba diharapkan dapat terjalin dengan baik, dengan mengedepankan semangat sportivitas yang tinggi. Lomba

Mendongeng Jenjang SMP Tingkat Kabupaten OKU Selatan Tahun 2023 diharapkan tidak hanya menjadi ajang unjuk prestasi, tetapi juga sebagai bagian dari perjalanan pendidikan yang membangun karakter dan kreativitas siswa untuk masa depan yang lebih baik.

Sumber: