Sekda Evaluasi PAD OKU Selatan

Sekda Evaluasi PAD OKU Selatan

-foto: Diskominfo OKUS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM  -  Sekretaris Daerah (Sekda) OKU Selatan, M.Rahmattullah, S. STP., M.M Evaluasi Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Sektor Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Kabupaten OKU Selatan Tahun 2023, di Ruang Nagara Bhakti Pemkab OKU Selatan, pada Kamis (30/11).

Evaluasi capaian Realisasi Pendapatan Daerah Kabupten OKU Selatan ini sendiri sebagai upaya optimalisasi dan merumuskan langkah-langkah yang efektif dalam pengelolaan PAD untuk mencapai target yang ditetapkan pada Tahun Anggaran 2023," tegasnya.

Selanjutnya mengidentifikasi permasalahan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pemungutan.

Sekda OKU Selatan juga menyampaikan, belanja daerah tergantung hasil pajak dan retribusi daerah. 

BACA JUGA:Berita Duka, Kiki Fatmala Tutup Usia Setelah Berjuang Melawan Kanker

“Oleh karena itu, semua pihak harus berupaya agar realisasi PAD mencapai target. Kita harus berupaya bersama untuk mencapai target,” bebernya.

Ia berharap Kepala OPD termasuk Camat harus menjadi leading sektor yang berinisiatif untuk mengkoordinir sehingga target bisa dicapai. 

“Ini perlu menjadi pertimbangan bagi kita dalam mempertimbangkan anggarannya. Jangan hanya fokus ke belanjanya saja tetapi pendapatannya tidak dimaksimalkan,” tegasnya.

Kepala Bapenda OKU Selatan, Drs. H. Linkulin, MM pun menyarankan untuk membentuk tim penyuluhan pajak dan retribusi, yang mana tim tersebut bertugas untuk mengevaluasi hasil-hasil realisasinya dan pemungutan pajak, mulai dari kabupaten sampai dengan kecamatan.

BACA JUGA:Wakil Bupati OKU Selatan Menyumbang Semangat di Festival Sumatera Selatan Bugar 2023

Ia mengimbau agar para Camat menertibkan wilayahnya masing-masing mulai dari izin bangunan dan pajak retribusi. 

“Ambil langkah yang efektif ke depannya masyarakat akan lebih sadar akan pajak ini, sebab pajak adalah kewajiban warga negara. Apabila target terpenuhi maka semua bisa melaksanakan kegiatan di OPD masing-masing maupun di Kecamatan,” ungkapnya. (Dal)

 

Sumber: