Sate Ayam, Hidangan Lezat Terkenal yang Kental dengan Rasa Pedas dan Manis

Sate Ayam, Hidangan Lezat Terkenal yang Kental dengan Rasa Pedas dan Manis

Sate ayam ini juga dapat menjadi bisnis rumahan yang menguntungkan-Poto: DOK/HOS-

HARIANOKUS.COM - Siapa yang tidak suka sate ayam? Hidangan ini adalah salah satu hidangan terkenal di Indonesia yang selalu membuat selera kita berbicara. 

Mengangkat bau pedas dan manis, sate ayam dikenal dengan tusukan ayam potong kecil yang dipanggang di atas bara api, dan ditemani dengan saus kacang yang lezat.

Resep sate ayam ini sangat mudah dan cepat dalam pembuatannya, serta menjadikannya sebagai pilihan yang tepat sebagai hidangan untuk acara keluarga atau pertemuan dengan teman.

Untuk memulai, siapkan bahan yang akan digunakan, yaitu 500 gram daging ayam tanpa tulang dan potong-potong, air jeruk nipis, sejumput garam dan merica. 

BACA JUGA:Pemda Memastikan Harga LPG 3 Kg Tetap Sesuai HET di OKU Selatan

BACA JUGA:Carang Gendis, Camilan Sehat dengan Topping Cokelat dan Keju Parut!

Aduk kasar dan biarkan selama 15 menit, kemudian tusukkan ayam ke tusuk sate. Anda dapat menggunakan tusuk sate yang terbuat dari bambu atau logam.

Langkah berikutnya adalah membuat saus kacang, yang merupakan bahan penting untuk hidangan sate ayam. Proses membuat saus kacang tidaklah sulit. 

Lalu goreng kacang tanah, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan tambahkan sedikit air. Blend atau haluskan semua bahan sampai memperoleh tekstur yang halus.

Selanjutnya, tuangkan adonan kacang tadi ke dalam wajan dan tambahkan gula merah, kecap manis, garam, dan gula pasir. Masak adonan dengan api kecil hingga mengental. Gunakan api kecil dan aduk perlahan agar saus tidak gosong atau rusak.

BACA JUGA:Cara Mudah, Membuat Hidangan Penutup Singkong Thailand yang Menggugah Selera

BACA JUGA:Dinas Pendidikan OKU Selatan Menerapkan Program Sekolah Penggerak untuk Tingkatkan Prestasi Belajar

Rahasia kesuksesan saat membuat sate ayam adalah mengoleskannya dengan saus kacang saat memanggang. 

Kemudian, panggang tusuk sate ayam pada bara api hingga separuh matang, kemudian oleskan saus kacang ke semua sate, balik dan oleskan lagi hingga matang. 

Sumber: