Secara Swadaya, Warga Karang Agung Timbun Jalan Menuju Perkebunan

Secara Swadaya, Warga Karang Agung Timbun Jalan Menuju Perkebunan

Puluhan warga Desa Karang Agung, Kecamatan Simpang, Kabupaten OKU Selatan secara swadaya menimbun jalan menuju Talang Way Garak, Dusun 7, Sabtu (20/01).-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Sabtu (20/01), puluhan warga Desa Karang Agung, Kecamatan Simpang, Kabupaten OKU Selatan, berpartisipasi dalam kegiatan swadaya dengan menimbun jalan menuju Talang Way Garak, Dusun 7.

Kegiatan swadaya ini dilakukan oleh masyarakat karena akses jalan utama menuju perkebunan mengalami kondisi berlumpur, menyulitkan aktivitas lalu lintas bagi warga.

Adi Gautama, Kepala Desa Karang Agung, turut serta dalam kegiatan tersebut bersama Kepala Dusun setempat.

"Kami sebagai warga merasa perlu mengatasi masalah ini karena jalan menjadi berlumpur saat hujan. Oleh karena itu, kami mengambil inisiatif untuk menimbun jalan dan melakukan perbaikan sederhana," ungkap Doni, salah satu warga yang turut serta dalam kegiatan tersebut.

BACA JUGA:Kompak dan Swadaya Warga Dusun IV Karang Agung Buka Jalan Perkebunan sepanjang 1 Km

BACA JUGA:Padamkan Kebakaran Lahan belukar di Desa Karang Agung

Gotong royong ini melibatkan warga desa yang bekerja sama dalam melakukan penimbunan, pembuatan siring, tebas bayang, dan perbaikan lainnya.

Doni menegaskan, semangat gotong royong menjadi prinsip masyarakat untuk meningkatkan kualitas jalan yang menjadi akses utama ke perkebunan.

Adi Gautama menyampaikan kebahagiaannya atas kesadaran warga yang selalu bersatu untuk melakukan perbuatan baik.

"Kami merasa senang dengan swadaya yang dilakukan warga secara kompak. Dengan adanya perbaikan ini, mereka dapat lebih mudah dalam beraktivitas sehari-hari," ujarnya.

BACA JUGA:Desa Karang Agung Menjadi Tuan Rumah Program Kampung Bebas Narkoba

BACA JUGA:Desa Karang Agung Raih Juara III BBGRM Tingkat Sumsel

Menariknya, kegiatan swadaya ini dilakukan tanpa adanya permintaan resmi dari Pemerintah Desa.

Adi Gautama menyebut bahwa semangat gotong royong sudah tertanam dalam budaya masyarakat, dan kegiatan ini merupakan rutinitas yang dilakukan warga secara mandiri.

Sumber: