Begini Cara Daftar Akun SNPMB 2024, Bagi Siswa Gap Year.Masi Dibuka Hingga 15 Februari

Begini Cara Daftar Akun SNPMB 2024, Bagi Siswa Gap Year.Masi Dibuka Hingga 15 Februari

Ilustrasi SBMPTN-foto: IST-

HARIANOKUS.COM - Pendaftaran akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 untuk siswa masih berlangsung hingga 15 Februari 2024.

Proses ini wajib dilakukan oleh seluruh calon peserta SNBP ataupun SNBT 2024 termasuk bagi siswa gap year

Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB Ganefri dalam penjelasannya beberapa waktu lalu menyebutkan bila siswa gap year juga menjadi kelompok wajib yang membuat akun SNPMB 2024

"Bagi siswa yg lulus 2 tahun yang lalu, 2022, 2023, ini wajib. Termasuk tentu yang lulus 2024. Artinya semua siswa itu wajib punya akun SNPMB," ujarnya dari berbagai sumber 

Pendaftaran dilakukan secara terpadu melalui Portal SNPMB di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

Namun, sebelum mendaftar, siswa gap year perlu periksa kembali data NISN miliknya yang ada di daftar Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin) masih aktif. 

Karena jika tidak aktif ataupun ada kesalahan data, siswa gap year perlu melakukan verifikasi dan validasi data alumni pada laman https://pd.data.kemdikbud.go.id/verval-lulusan. 

Berikut cara untuk verifikasi dan validasi data alumni sekaligus mendaftar akun SNPMB bagi siswa gap year dikutip dari laman resminya 

Cara Verifikasi dan Validasi NISN Siswa yang Sudah Lulus

1. Buka laman https://pd.data.kemdikbud.go.id/verval-lulusan/ 

2. Isi data yang dibutuhkan seperti: 

Identitas: NISN (tuliskan jika memiliki), NIK (NIK sesuai yang terdata di Dukcapil bisa dilihat di KTP ataupun KK), Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Nama Ibu Kandung, dan Email.

Profil lulusan SMA/Sederajat: Tahun ajaran lulus SMA/Sederajat, Sekolah lulusan, peminatan, dan unggah ijazah SMA/Sederajat.

Profil lulusan SMP/Sederajat: Tahun ajaran lulus SMP/Sederajat, Sekolah lulusan, peminatan, dan unggah ijazah SMP/Sederajat.

Sumber: