Tanah Longsor Melanda Kecamatan Sungai Are

Tanah Longsor Melanda Kecamatan Sungai Are

longsor di Simpang Luas Desa Ujan Mas Sungai Are saat ini.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Intensitas curah hujan yang tinggi telah menyebabkan terjadinya bencana alam berupa tanah longsor di Desa Ujan Mas dan Desa Simpang Luas, yang terletak di Kecamatan Sungai Are, Kabupaten OKU Selatan.

Peristiwa ini terjadi pada hari Senin, 4 Maret 2024.

Akibat dari kejadian tersebut, mobilitas warga di kedua desa tersebut lumpuh total karena adanya timbunan material longsor yang menghalangi akses jalan.

Koni Romli, S. Pd., MM, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Selatan, telah mengonfirmasi kejadian tanah longsor di wilayah Kecamatan Sungai Are tersebut.

BACA JUGA:Bupati Popo Ali Martopo Ajukan Penyelenggaraan Jalan Nasional ke Bappeda Sumsel

"BPBD OKU Selatan telah mengirimkan satu unit Alat Berat untuk membersihkan material longsor, bekerja sama dengan TNI, Polri, dan pemerintahan setempat," ungkapnya.

Selain itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten OKU Selatan juga menghimbau kepada masyarakat dan pengguna jalan yang melintas antara Desa Ujan Mas dan Desa Simpang Luas untuk selalu berhati-hati.

Sementara itu, kendaraan roda dua dan roda empat belum dapat melintas.

"Kami berharap situasi akan segera kembali normal dalam waktu dekat dengan upaya pembersihan material longsor yang sedang dilakukan," tambahnya.

BACA JUGA:Larangan Menggunakan Handphone di SPBU, Mitos atau Kenyataan?

Dia juga menekankan kepada masyarakat OKU Selatan untuk tetap waspada mengingat intensitas hujan yang tinggi saat ini.

"Wilayah kita ini sangat rawan terhadap bencana alam, oleh karena itu, mari tetap waspada dan berhati-hati, terutama ketika hujan turun, karena bencana bisa terjadi kapan saja tanpa bisa diprediksi," pungkasnya. (Dal)

Sumber: