Siasati Jalan Longsor, BPBD OKUS Keruk Bukit

Siasati Jalan Longsor, BPBD OKUS Keruk Bukit

BPBD OKU Selatan saat memantau pengerukan bukit.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MEKAKAU ILIR, HARIANOKUS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah mengambil langkah taktis dalam menangani dampak longsor di Desa Teluk Agung, Kecamatan Mekakau Ilir, yang menyebabkan putusnya akses jalan.

Kejadian tersebut dipicu oleh hujan deras yang menggerus jalur transportasi tersebut.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui BPBD segera menginisiasi pemangkasan bukit di sebelah lokasi longsor.

Pekerjaan ini melibatkan pengerukan bukit dengan dimensi 20 meter tinggi, 30 meter panjang, dan 7 meter lebar untuk membuka akses alternatif.

BACA JUGA:Nasi Liwet Sunda, Kelezatan Gurih Tradisional Cocok Untuk Hidangan Berbuka Puasa

BPBD juga telah melakukan penaburan agregat sebanyak 15 meter kubik di sepanjang jalur alternatif yang baru dibuka.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Selatan, Koni Romli, S. Pd., MM, menjelaskan bahwa langkah-langkah ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan drainase sepanjang 100 meter dengan lebar 1 meter, guna mencegah erosi yang dapat mengancam jalur alternatif yang baru dibangun.

Selain itu, penyaluran aliran Sungai Teriti sepanjang 65 meter dengan lebar 8 meter juga dilakukan, karena diduga menjadi salah satu penyebab erosi pada dinding tebing yang kemudian memicu tanah longsor dan merusak badan jalan.

BACA JUGA:Perhatikan! Racun Nyamuk Bisa Berbahaya Juga untuk Kesehatan, Berikut Tips Aman Mengusir Nyamuk

BPBD OKU Selatan juga mengingatkan seluruh masyarakat, khususnya yang tinggal di area perbukitan dan aliran sungai, untuk tetap waspada mengingat masih berlangsungnya musim penghujan.

Masyarakat diminta untuk selalu berhati-hati karena hujan dapat terjadi di berbagai wilayah OKU Selatan.

"Ini adalah langkah penting dalam menangani akses putusnya warga akibat longsor," ujar Koni Romli. (dal)

 

Sumber: