Astaga, Harga Getah Karet di Wilayah OKU Selatan Kembali Turun, Produksi Ikutan Menurun

Astaga, Harga Getah Karet di Wilayah OKU Selatan Kembali Turun, Produksi Ikutan Menurun

Harga jual getah karet di OKU Selatan kembali turun-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

Muaradua, HARIANOKUS.COM - Harga jual getah karet di Kabupaten OKU Selatan terus mengalami penurunan signifikan dalam beberapa waktu terakhir.

Hanya beberapa hari yang lalu, harga jual getah karet mencapai Rp. 9.500/kg, namun sekarang mengalami penurunan hingga Rp. 1.000/kg.

Saat ini, harga jual getah karet telah mencapai Rp. 8.500/kg dan langsung diambil oleh pengepul dari lokasi kebun karet.

Dampak dari penurunan harga tersebut adalah menurunnya produksi, karena petani merasa bahwa harga jual tidak sebanding dengan biaya dan usaha yang dikeluarkan untuk proses panen dan penderesan getah.

BACA JUGA:Harga Getah Karet di OKUS Kembali Turun

Kuswanto, yang juga dikenal sebagai Iwan, seorang warga Desa Datar, Kecamatan Muaradua, Kabupaten OKU Selatan, menjelaskan bahwa harga jual getah karet terus mengalami fluktuasi.

Ia mengatakan bahwa harga sempat naik hingga Rp. 9.500/kg sebelumnya, namun kini kembali turun menjadi Rp. 8.500/kg.

"Kami hanya bekerja sebagai pekerja harian untuk mengumpulkan getah, dengan frekuensi penambangan dua minggu sekali. Ada pihak lain yang menimbang dan menjualnya," ucapnya.

Meskipun harga getah karet selalu berubah-ubah, para petani tetap bertahan meskipun harga yang mereka terima tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. Mereka menyadari kesulitan mendapatkan pekerjaan di zaman ini.

BACA JUGA:Tragedi di Kebun Karet, Warga Lampung Tewas Diamuk Massa, Ternyata ini kronologisnya !

"Kami tetap bertahan, meskipun pendapatan tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. Lebih baik mencari kerja daripada menganggur," tambahnya.

Beberapa kebun karet bahkan telah dibiarkan tidak dideres oleh pemiliknya karena harga yang dianggap tidak menguntungkan. (Dal)

Sumber: