Cara Menanam Anggur yang Mudah di Halaman Rumah, Berikut Caranya

Cara Menanam Anggur yang Mudah di Halaman Rumah, Berikut Caranya

budidaya menanam anggur-foto: IST-

HARIANOKUS.COMMenanam anggur di teras rumah ternyata tidak sesulit yang dibayangkan oleh banyak orang.

Bahkan, prosesnya bisa tergolong mudah dan menguntungkan, asalkan Anda mengetahui cara menanam dan merawatnya dengan baik hingga tumbuh subur menjadi sumber cuan bagi Anda.

Anggur memiliki cita rasa khas dan harganya cenderung mahal, membuatnya tidak terjangkau bagi semua orang. Namun, karena harganya yang tinggi, banyak yang terinspirasi untuk membudidayakan anggur di rumah.

BACA JUGA:Cara Efektif Menurunkan dan Mencegah Obesitas Menurut Spesialis Kesehatan

Selain dinikmati secara langsung, buah anggur juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan, seperti kismis, agar-agar, jus, dan lainnya.

Anggur biasanya tumbuh di daerah dataran rendah dengan intensitas cahaya matahari yang tinggi.

Tanah ideal untuk menanam anggur memiliki pH sekitar 7 dan tidak terlalu berpasir atau berlempung.

Jika Anda tertarik untuk menanam dan membudidayakan anggur di halaman rumah, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Persiapkan bibit anggur sebelum menanamnya. Anda dapat menggunakan cangkok pohon anggur berkualitas unggulan yang sehat.

Pastikan cangkokannya tegak untuk memudahkan penanaman di tanah atau dalam pot. Bibit dapat ditanam setelah berusia 6-7 bulan.

BACA JUGA:Simpel Loh, Ini Tips dan Cara Alami Turunkan Berat Badan

2. Persiapkan tempat untuk menanam anggur di halaman rumah. Jika Anda menggunakan pot, pastikan pot tersebut berukuran sedang atau besar dan memiliki lubang drainase di bagian bawah.

Campur tanah dengan kompos dalam perbandingan 1:2 untuk memberikan nutrisi yang cukup. Pastikan juga Anda memiliki penyangga seperti tiang kayu atau besi untuk mendukung pertumbuhan tanaman.

3. Lakukan perawatan tanaman anggur secara teratur. Selain penyiraman dua kali sehari untuk bibit yang masih muda, berikan juga pupuk NPK dan pupuk kandang atau kompos secara berkala.

Sumber: