Pemdes Gemiung Berhasil Panen 1.258 Kg Ikan Lele

Pemdes Gemiung Berhasil Panen 1.258 Kg Ikan Lele

Budidaya ikan lele, Dana Desa Tahun Anggaran 2023-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Pemerintah Desa Gemiung, Kecamatan Buana Pemaca, Kabupaten OKU Selatan bersama Kelompok Tani Bakal Maju sukses memanen ikan lele sebanyak 1.258 Kg.

Panen ikan lele ini merupakan hasil dari program Dana Desa tahun 2023 yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan melalui budidaya ikan lele.

Budidaya ikan lele ini direalisasikan berdasarkan hasil Musyawarah Desa (Musdes) antara Pemerintah Desa Gemiung dan masyarakat setempat dalam rangka memanfaatkan Dana Desa tahun 2023 untuk meningkatkan ketahanan pangan.

BACA JUGA:Cara Menanam Anggur yang Mudah di Halaman Rumah, Berikut Caranya

Kepala Desa Gemiung, Wardi, menyatakan kebahagiannya atas hasil panen ini. "Alhamdulillah, Kelompok Tani Bakal Maju bersama masyarakat berhasil panen. Dari 27 pioblok, kami berhasil menghasilkan 1.258 Kg ikan lele," ujarnya.

Wardi juga menekankan bahwa keberhasilan panen ini tak lepas dari kerjasama yang solid antara kelompok tani, pendamping desa, tokoh masyarakat, perangkat desa, dan seluruh masyarakat Desa Gemiung.

"Hasil panen ini akan kami jual ke masyarakat setempat dan sebagian lagi ke pengepul ikan di pasar dengan harga Rp.15.000 per kilogram," tambah Wardi.

BACA JUGA:Wah, Inilah 7 Manfaat Luar Biasa Daun Bawang untuk Kesehatan Lansia !

Wardi berharap, keberhasilan ini dapat memotivasi masyarakat Desa Gemiung untuk turut serta dalam budidaya ikan lele guna meningkatkan penghasilan.

Plan kedepannya, karang taruna Desa Gemiung akan mengelola budidaya ikan lele ini secara bergantian untuk memastikan kelangsungan program ini. (Dal)

Sumber: