Dinas KB Optimis Target Penurunan Stunting Tahun 2024 Tercapai

Dinas KB Optimis Target Penurunan Stunting Tahun 2024 Tercapai

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPP dan PA) sepanjang Tahun 2023 lalu, telah berhasil menurunkan angka stunting diwilayah Kabupaten OKU Selatan.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBPP dan PA) berhasil menurunkan angka stunting di wilayah Kabupaten OKU Selatan sepanjang tahun 2023.

Pada tahun 2021, angka stunting di OKU Selatan mencapai 24,8 persen. Namun, dengan langkah-langkah dan upaya yang dilakukan oleh Dinas KB, angka tersebut berhasil turun menjadi 19,4 persen.

Penurunan sebesar 5,4 persen ini merupakan hasil dari berbagai program yang telah dilaksanakan. Untuk tahun 2024, Dinas KB menargetkan Penurunan angka stunting hingga 14 persen.

BACA JUGA:Panen Tiba, Harga Jual Buah Duku Komering Turun Drastis

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBPP dan PA), Umu Manazilawati, S. KM., M.M., menyampaikan hal ini pada hari Selasa, 12 Maret 2024.

Beberapa program yang telah diluncurkan, seperti kerjasama dengan PMPD untuk mengintegrasikan Dapur Sehat Atasi Stunting yang dianggarkan melalui dana desa, serta pemberian Makan Tambahan oleh Dinas Kesehatan, telah membuktikan hasil yang positif dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten OKU Selatan.

Dengan capaian penurunan angka stunting ini, Pemkab optimis dapat mencapai target yang ditetapkan untuk tahun 2024.

Meskipun pada tahun 2020 angka stunting masih tinggi dengan persentase 26,4, namun dengan langkah-langkah yang dilakukan, angka tersebut berhasil turun menjadi 19,4 persen.

BACA JUGA:Viral, Video Balap Liar Disimpang

Umu Manazilawati, S. KM., M.M., menegaskan pentingnya kerja keras dalam upaya pencegahan stunting melalui Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Pada tahun 2024, target Pemkab OKU Selatan adalah menurunkan angka stunting menjadi 14 persen, dan kerjasama dari semua pihak sangat diharapkan untuk mencapai target tersebut.

"Semoga kedepannya kita dapat memenuhi dan bahkan melampaui target yang telah ditetapkan," tambahnya. (Dal)

Sumber: