Bantu Calon Pengantin (Catin), KUA Buana Pemaca Berikan Bimbingan

Bantu Calon Pengantin (Catin), KUA Buana Pemaca Berikan Bimbingan

Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Buana Pemaca, Kabupaten OKU Selatan lakukan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) mandiri kepada sejumlah bagi calon pengantin (Catin) .-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Untuk mendukung Calon Pengantin (Catin), Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Buana Pemaca, Kabupaten OKU Selatan, memberikan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) mandiri kepada sejumlah Calon Pengantin yang telah mendaftar di KUA. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 07 Mei 2024, di Balai Nikah KUA Kecamatan Buana Pemaca, Kabupaten OKU Selatan, dan dihadiri oleh puluhan Calon Pengantin.

Kepala KUA Kecamatan Buana Pemaca, Anotn Satria, SH. I, menjelaskan bahwa pemberian bimbingan ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Agama dalam memberikan nasihat mengenai kehidupan rumah tangga yang mengarah pada kehidupan sakinah mawaddah warahmah.

“Bimwin sangat penting bagi calon pengantin karena berisi banyak nasihat, termasuk landasan berumah tangga, tujuan, serta manfaat berumah tangga yang tergabung dalam materi manajemen keluarga sakinah," katanya.

BACA JUGA:Kepala Desa Ruos Salurkan BLT kepada 68 KK

Ia juga menambahkan bahwa Bimwin rutin dilaksanakan setiap minggu pertama dan ketiga, bekerja sama dengan pihak terkait.

“Kami memberikan materi tentang kiat-kiat membangun rumah tangga yang seimbang, termasuk materi kesehatan calon pengantin dan pencegahan stunting yang disampaikan oleh Tim Kesehatan Puskesmas,” ucapnya.

Bimbingan pra nikah dianggap penting karena tahap awal kehidupan rumah tangga sangat bergantung pada pembekalan sebelum pernikahan, dengan tujuan meningkatkan kualitas perkawinan dan mewujudkan keluarga sakinah sesuai ajaran Islam.

BACA JUGA:Sempat Ganti Nama Hingga Agama Sepanjang Jadi DPO, Habisi Korban Gegara Terdengar Habis Jual Motor

Proses bimbingan pra nikah di KUA meliputi materi tentang UU perkawinan dan agama, ketentuan pernikahan, serta membaca Al-Qur’an bagi calon pengantin.

"Diharapkan melalui pembekalan dasar ilmu agama ini, dapat tercipta keluarga yang bahagia di dunia maupun di akhirat," tandasnya. (Dal)

Sumber: