Pemkab OKU Selatan Louncingkan Intervensi Cegah Stunring

Pemkab OKU Selatan Louncingkan Intervensi Cegah Stunring

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan lounching kegiatan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kabupaten OKU Selatan yang dilakukan secara simbolis di Desa Gunung Cahya, Kecamatan Buay Rawan. Kamis, 13 Juni 2024.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Guna melakukan pencegahan stunting, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan lounching kegiatan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kabupaten OKU Selatan yang dilakukan secara simbolis di Desa Gunung Cahya, Kecamatan Buay Rawan. Kamis, 13 Juni 2024.
 
Louncing intervensi serentak itu sendiri dipimpin langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) OKU Selatan H. Sholehien Abuasir, SP., M. Si, yang diikuti oleh para OPD, Stack Holder dan tamu undangan lainnya.
 
Wabup OKUS H. Sholehien Abuasir, SP., M. Si menyampaikan bahwa, tujuan dari kegiatan intervensi serentak pencegahan stunting ini untuk mendeteksi dini maslah Gizi terhadap sasaran dan melakukan intervensi segera bagi sasaran yang memiliki masalah Gizi.
 
Ia juga menjelaskan bahwa ada 10 arahan kementrian dalam negeri Untuk mendukung kegiatan intervensi serentak pencegahan stunting yakni memastikan dilakukan pendataan seluruh calon pengantin, ibu hamil dan balita yang ada di wilayah kerjanya untuk menjadi sasaran.
 
 
"Memastikan seluruh catin, ibu hamil dan balita mendapatkan pendampingan serta memastikan dagan ke posyandu, memastikan alat antropometri bersetandar ada di posyandu. Memastikan seluruh posyandu memiliki keterampilan dalam menimbang dan pengukuran antropometri berstandar serta penyuluh untuk ibu hamil," ucapnya.
 
Selain itu kita juga harus memastikan penimbangan dan pengukuran antropometri bersetandar, memastikan intervensi PMT pangan lokal di terima ibu hamil dan balita bermaslah gizi, memastikan ibu hamil dan balita diberikan edukasi posyandu, memastikan pencatatan hasil penimbangan dan pengukuran.
 
Lalu, memastikan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan intervensi serentak dan memastikan ketersedian pembiyayan intervensi. 
 
Dengan itu dirinya berharap dengan diluncurkannya intervensi serentak pencegahan stunting di Kabupaten OKU Selatan dapat dilaksanakan dengan baik," tandasnya. (Dal)

Sumber: